sign up SIGN UP

Trilogi Drama dan Film Korea Ini Sukses Pecahkan Rekor dan Raih Banyak Penghargaan

Allyoo Ri | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 15:00 WIB
Trilogi Drama dan Film Korea Ini Sukses Pecahkan Rekor dan Raih Banyak Penghargaan
caption
Jakarta -

Sebuah series atau film yang memiliki trilogy, memiliki ketertarikan tersendiri dengan ciri khas yang melekat di dalamnya. Entah dari sisi cerita, pengambilan gambar, atau suasana yang dibangun, trilogi akan membuat para penonton ditarik ke dalam sebuah dunia yang dibuat oleh sang creator, dalam hal ini sutradara atau PD.

Korea Selatan sendiri memiliki karya-karya trilogy yang telah diakui oleh publik maupun para kritikus sebagai sebuah karya seni yang luar biasa. Tidak hanya menampilkan keseruan biasa dalam satu atau dua musim saja, trilogi dari Korea Selatan ini memiliki semua musimnya sukses dan bahkan memecahkan berbagai rekor!

Reply Series dari Shin Won Ho

Reply Series
Reply 1997, Reply 1994, Reply 1988/Foto: Reply Series Scene

Sutradara Shin Won Ho debut menjadi seorang sutradara drama melalui serial televisi Reply 1997. Serial tersebut kemudian menjadi antologi yang disutradarai oleh Shin Won Ho dengan penulis naskah Lee Woo Jung.

Sukses dengan Reply 1997, Shin Won Ho lalu menggarap kisah Reply 1994 serta Reply 1988. Meski tidak saling berkaitan secara langsung karena berada pada timeline yang berbeda, tetapi satu sama lain berada di 'Universe' yang sama.

Ini dapat dilihat dari para tokoh utama masing-masing serial menjadi cameo di serial yang lain. Serial pertama Reply 1997 ditayangkan perdana pada tahun 2012 pada saluran kabel tvN. Untuk Reply 1994, ditayangkan pada tahun 2014. Kemudian Reply 1988, ditayangkan pada tahun 2016.

Reply 1997 berlatar tahun 1990-an, "Reply 1997" mengisahkan seorang siswa SMA perempuan bernama Sung Shi Won (Jung Eun Ji), yang mengidolakan boyband H.O.T dan 5 teman SMA-nya.

Reply 1994 akan mengikuti berbagai peristiwa budaya pada tahun 1994, termasuk munculnya grup K-Pop "Seo Taiji and Boys" dan Liga Bola Basket Korea. Diawali dari seorang suami (Sung Dong Il), istrinya (Lee Il Hwa) tinggal bersama putri mereka Sung Na Jung (Go Ara) di lingkungan perumahan khas di Seoul.

Penghuni kos Shincon sedang makan bersamaReply 1994/ Foto: YouTube.com

Mereka menggunakan rumah mereka sebagai tempat kos bagi para mahasiswa. Para penghuni kos tersebut akan memiliki kisah yang saling terkait satu sama lain dan memulai persahabatan baru.

Reply 1988, mengisahkan sekelompok anak yang bertetangga sejak kecil lalu bersahabat seiring usia mereka. Latar utama akan berada pada tahun 1988, di mana Duk Sun (Hyeri), Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Sun Woo (Ko Gyung Pyo) dan Dong Ryong (Lee Dong Hwi) adalah siswa sekolah menengah dan Taek (Park Bo Gum) adalah pemain go.

Kelima orang ini berteman sejak mereka masih kecil. Mereka semua tumbuh bersama dan bertetangga sampai hari ini. Keluarga mereka juga sangat dekat satu sama lain. Mereka selalu berkeliaran di kamar Taek dan menghabiskan waktu bersama.

Reply 1988Reply 1988/ Foto: imdb.com

Ciri khas dari trilogi drama Korea Reply series adalah proses 'tebak-tebakan' mengenai siapa suami dari sang pemeran utama perempuan. Mencari suami dari Shiwon, Najung, serta Dukseon, menjadi misteri yang menambah keseruan dari Reply series.

Reply Series berhasil menjadi drama dengan rating tertinggi di tvN saat penayangannya dan membawa kesuksesan baru bagi stasiun TV kabel tersebut. Membawa Shin Won Ho menjadi salah satu sutradara drama tersukses pada dekade ini.

Sukses dengan trilogi Reply series, Shin Won Ho sendiri sudah mulai menggarap Playlist series, di mana sudah ada Prison Playbook serta Hospital Playlist. Mari kita nantikan untuk seri ke-tiga agar menjadi trilogi yang lengkap!

The Vengeance Trilogy dari Park Chan Wook

The Vengeance Trilogy dari Park Chan Wook
The Vengeance Trilogy/Foto: DVD Poster

The Vengeance Trilogy disutradarai oleh sutradara Park Chan Wook. Ini merupakan serial film drama misteri thriller Korea Selatan yang dikenal atas kesadisan, kisah yang kejam, serta pengambilan sudut pandang yang tidak biasa.

Serial ini terdiri dari film Sympathy for Mr. Vengeance yang dibintangi oleh Song Kang Ho sebagai peran utama, 'Old Boy' diperankan Choi Min Sik dan Yoo Ji Tae sebagai peran utama, dan Lady Vengeance diperankan oleh Lee Young Ae sebagai peran utama.

Masing-masing film tersebut membahas tema balas dendam, etika, kekerasan dan keamanan yang dapat membuat penonton bergidik ngeri. Sympathy for Mr. Vengeance merupakan seri pertama yang tayang pada tahun 2002. Film ini mengisahkan sebuah kisah balas dendam sadis dan penuh kekerasan.

Diawali oleh penculikan yang dilakukan lelaki tuna rungu terhadap seorang gadis muda untuk membayar transplantasi ginjal adiknya. Perempuan muda yang diculik itu meninggal secara tidak sengaja, yang menyebabkan ayahnya yang berduka terus mencari jawaban dan pembalasan terhadap kematian putrinya.

Pada tahun 2003, dirilis Old Boy sebagai seri ke-dua. Yang tidak berkaitan kisahnya dengan seri The Vengeance pertama. Film ini mengisahkan seorang lelaki yang dipenjara selama lima belas tahun, lalu tiba-tiba ia dibebaskan tanpa penjelasan mengapa ia dipenjara maupun alasan kenapa ia dibebaskan.

Lelaki tersebut kemudian diberi waktu lima hari untuk mempelajari identitas asli penculiknya dan mencari tahu mengapa ia dipenjara, jika tidak dilakukan, maka kekasihnya saat ini akan dibunuh. Film ini sangat sukses di festival film maupun di box office Korea Selatan.

Lady Vengeance dirilis tahun 2005, menjadi seri terakhir dari The Vengeance sejauh ini. Mengisahkan seorang perempuan muda yang tak bersalah namun dipenjara selama belasan tahun karena diduga menjadi seorang pembunuh anak.

Begitu dibebaskan, perempuan tersebut pergi mencari putrinya yang telah lama hilang dan mengungkap rencananya untuk membalas dendam terhadap lelaki yang telah membuatnya dipenjara, yaitu pembunuh yang sebenarnya.

Tiga film yang membentuk The Vengeance Trilogy memiliki kesuksesan luar biasa saat ditayangkan. Baik itu dalam hal penjualan tiket maupun ulasan positif di festival film.

Terutama Old Boy sendiri menjadi salah satu film dengan penonton terbanyak saat penayangannya, bahkan memiliki remake oleh Hollywood.

Tertarik untuk menyaksikan trilogi-trilogi tersebut, Beauties?

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id