Ulang Tahun ke-8, Ini 5 Fakta tentang ARMY, Penggemar Boy Grup BTS
Siapa yang tak kenal boy grup BTS? Boy band asal Korea Selatan ini telah menyihir jutaan orang dengan pesonanya dan kini mereka menjadi boy grup paling populer di dunia. Grup yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V, dan Jungkook telah memiliki banyak penggemar dengan nama ARMY yang tersebar di berbagai negara. Bertepatan dengan ulang tahun ARMY pada 9 Juli, BTS merilis lagu berjudul 'Permission To Dance' yang ditulis oleh musisi asal Inggris Ed Sheeran.
Masih dalam memperingati hari ulang tahun ARMY, berikut ini beberapa fakta mengenai ARMY yang perlu Beauties ketahui.
Sejarah ARMY
![]() Army dibentuk pada 9 juli 2013/ Foto: Facebook/ BTS |
Fandom ARMY terbentuk pada 9 Juli 2013 atau sebulan setelah BTS debut. ARMY merupakan singkatan dari Adorable Representatifve M.C for Youth yang juga bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yang artinya tentara. Hal tersebut masih berkaitan dengan BTS atau Bangtan Sonyeondan dalam bahasa Korea yang diartikan para pria yang mengenakan rompi anti peluru.
Slogan I Purple You
![]() Slogan i purple you dibuat oleh v bts/ Foto: Facebook/ BTS |
Bagi BTS dan ARMY sudah tidak asing dengan slogan i purple you atau borahae dalam bahasa Korea. Ungkapan tersebut pertama kali diucapkan oleh V BTS pada saat konser 3rd Muster November 2016 lalu. Ia mengatakan bahwa ungu adalah warna terakhir dari pelangi yang artinya aku akan mempercayai, mencintai, mendukung dan bersandar untuk waktu yang lama.
“Saat itu (konser) mereka membawa fanstik (Army bomb) dan warnanya ungu. Aku hanya spontan mengatakan hal tersebut dan tidak berpikir itu akan menjadi populer,” ujarnya dalam acara Let’s BTS.
Sejak saat itu, ARMY menggunakan warna ungu untuk mengekspresikan cinta mereka pada sang idola dan menjadi warna fandom BTS.
Fakta-Fakta ARMY Berikutnya
Fakta tentang army, penggemar boy grup bts/ Foto: Twitter/ @BTS_official
Sering Mengadakan Penggalangan Dana
![]() Army menggalang dana untuk yang membutuhkan/ Foto: Twitter/ @BTS_official |
BTS dan ARMY sering melakukan penggalangan dana bagi orang-orang yang membutuhkan, salah satunya pada saat Black Lives Matter (BLM) di Amerika Serikat. Dikutip dari The Ringer, BTS menyumbangkan lebih dari 1.000.000 USD untuk gerakan BLM, lalu 48 jam kemudian para penggemar pun mengikuti jejak idolanya dengan menyumbang 1.000.000 USD untuk BLM. Memberikan sumbangan memang bukan hal yang baru bagi penggemar K-pop, khususnya bagi BTS ARMY.
ARMY Indonesia juga sering menggalang dana bagi orang yang membutuhkan, contohnya menggalang dana untuk tes swab gratis pada driver ojek online, korban banjir di Sulawesi Barat dan Kalimatan Selatan, memberikan makanan ke anak-anak panti asuhan, dan lain-lain.
ARMY Berasal dari Berbagai Kalangan Usia
![]() Army disukai oleh berbagai kalangan usia/ Foto: Facebook/ BTS |
Masih banyak orang yang beranggapan bahwa fans K-Pop berisi anak-anak atau remaja saja. Eits, jangan salah Beauties, penggemar BTS justru didominasi oleh orang-orang di atas 20-an lho. Dikutip dari Statista.com, ARMY yang menonton konser BTS di Seoul, Korea Selatan pada Oktober 2019 banyak dihadiri oleh orang-orang yang berusia 20-29 tahun sebanyak 39,7 persen, kemudian usia 30-39 tahun sebanyak 27,9 persen, lalu 10-19 tahun sebanyak 19,3 persen, usia 40-49 tahun sebanyak 10,8 persen, dan usia 50-59 tahun sebanyak 2 persen. Jadi, dapat dipastikan bahwa BTS banyak disukai dari berbagai kalangan usia.
ARMY Indonesia
![]() Army Indonesi urutan 3 terbanyak di dunia/ Foto: Twitter/ @BTS_official |
Bukan hanya di Korea Selatan, di Indonesia pun banyak yang menyukai BTS, bahkan masuk 5 besar penggemar BTS terbanyak di dunia. Dikutip dari Freshers Live, ARMY Indonesia berada di urutan ketiga sebagai penggemar BTS terbanyak setelah Filipina sebanyak 21 persen dan diikuti Korea Selatan diurutan ke-2.
Dari fakta-fakta tersebut, kita dapat melihat banyak yang telah tersihir oleh pesona RM dan kawan-kawan. Selain itu, mereka sering mengingatkan ARMY untuk selalu mencintai diri sendiri melalui lagu-lagu mereka.




