sign up SIGN UP

Ungkap Sifat Asli, Kenalan dengan 5 Dimensi Kepribadian alias OCEAN: Dimensi Mana yang Dominan di Dirimu?

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Kamis, 30 Dec 2021 22:00 WIB
Ungkap Sifat Asli, Kenalan dengan 5 Dimensi Kepribadian alias OCEAN: Dimensi Mana yang Dominan di Dirimu?
caption
Jakarta -

Beauties, kamu pasti sudah sering mendengar tentang 16 tipe kepribadian MBTI atau mungkin sudah mencoba tesnya. Tapi, apakah kamu sudah tahu tentang tipe kepribadian OCEAN?

Dilansir dari laman jurnal Sagepub, Mcrae dan Costa merupakan dua peneliti utama yang mencetuskan tentang adanya lima dimensi kepribadian pada diri seseorang. Lima dimensi tersebut antara lain openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism. Teori ini dinamai Dimensi Kepribadian Lima Besar, namun seiring waktu lebih populer disebut dengan akronimnya yaitu OCEAN.

Penasaran bagaimana karakter tiap kepribadian OCEAN ini? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Openness

Ilustrasi Kepribadian Terbuka/Foto: Freepik/Tirachardz
Ilustrasi Kepribadian Terbuka/Foto: Freepik/Tirachardz

Kalau kamu punya tingkat keingintahuan tinggi, berpikiran luas, suka berinovasi, serta selalu percaya diri dan komunikatif saat bersosialisasi, maka kamu memiliki kepribadian yang didominasi oleh dimensi openness.

Sesuai dengan istilahnya, yakni open alias terbuka, orang dengan sifat dominan ini lebih terbuka dengan segala pembaharuan. Pemilik sifat ini sangat menyukai tantangan, suka berpetualang, dan cenderung lebih kreatif. Sedangkan orang dengan sifat openness yang rendah akan cenderung defensif, berpikiran tradisional dan susah berpikir abstrak.

Conscientiousness

Ilustrasi Rajin/Foto: Freepik/Marymarkevich
Ilustrasi Rajin/Foto: Freepik/Marymarkevich

Pernah lihat orang yang selalu datang jauh lebih awal di setiap kesempatan? Bisa jadi orang itu punya sifat conscientiousness yang tinggi, Beauties.

Orang dengan dominan sifat conscientiousness memiliki hidup yang sangat terorganisir, baik manajemen waktu yang baik maupun sistem kerja yang terstruktur. Tidak hanya rajin, orang ini juga sangat ambisius dan produktif.

Mereka akan lebih tenang saat semua kegiatannya telah terjadwal jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan begitu, mereka memiliki kontrol impuls yang baik dan selalu berorientasi pada tujuan.

Tapi, bukan berarti orang dengan conscientiousness yang rendah akan selalu ceroboh dan tukang menunda pekerjaan, ya. Mereka bisa saja lebih menyukai sesuatu yang spontan karena tidak mudah ditebak.

Extraversion

Ilustrasi Kepribadian Ekstrovert/Foto: Freepik/freepik
Ilustrasi Kepribadian Ekstrovert/Foto: Freepik/freepik

Dimensi extraversion adalah dasar dari pengukuran introvert dan ekstrovert yang biasa dikenal. Seperti yang diketahui, orang dengan ekstraversi tinggi atau ekstrovert memiliki gairah yang tinggi dalam bersosialisasi dan mengekspresikan emosinya saat berpendapat.

Orang dengan ekstraversi tinggi memiliki banyak energi untuk berinteraksi. Bahkan, energi mereka akan semakin bertambah saat terjun dalam suatu situasi sosial.  

Di sisi lain, orang dengan ekstraversi rendah atau introvert cenderung menghemat energi mereka saat berinteraksi. Mereka memiliki motivasi yang rendah untuk terjun dalam keramaian. Menyendiri adalah cara para introvert untuk mengembalikan energi agar dapat bersosialisasi kembali.

Agreeableness

Ilustrasi Setuju/Foto: Freepik/Cookie_studio
Ilustrasi Setuju/Foto: Freepik/Cookie_studio

Dimensi agreeableness memiliki karakteristik yang berhubungan dengan kebaikan, kerja sama, afeksi dan rasa percaya yang tinggi. Jika kamu adalah tipe yang sangat suka membantu orang lain, suka mendengar orang lain dengan seksama, dan punya kemampuan berkompromi yang baik, kepribadian kamu didominasi oleh dimensi ini, Beauties.

Orang dengan agreeableness tinggi lebih mudah bekerja sama dengan orang lain karena sifatnya yang sangat kooperatif. Selain itu, mereka sangat tinggi empati dan mampu menemukan jalan tengah suatu perselisihan dengan lebih baik.

Sedangkan orang dengan skor agreeableness rendah cenderung lebih kompetitif saat berhadapan dengan urusan orang lain karena memiliki empati yang rendah pula. Tapi, jika skormu rendah, kamu tidak perlu berkecil hati. Justru kamu harus terdorong untuk belajar lebih baik memperbaiki diri agar memiliki empati yang besar juga.

Neuroticism

Ilustrasi Overthinking/Foto: Freepik/Nakaridore
Ilustrasi Overthinking/Foto: Freepik/Nakaridore

Siapa nih di antara kalian yang suka moody dan hobinya overthinking? Kalau kamu salah satunya, mungkin kamu punya dimensi neuroticism yang tinggi, Beauties.

Dimensi neuroticism mengukur seberapa emosional seseorang dalam menghadapi situasi tertentu. Sehingga, karakter ini merujuk pada perasaan-perasaan seperti mudah marah, kecewa, kesal, sedih, gelisah, bingung, atau panik.

Seseorang yang didominasi neuroticism akan mudah mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim. Mereka juga cenderung memikirkan suatu masalah terlalu dalam dan berlebihan. Sedangkan orang dengan neuroticism rendah dapat menghadapi persoalan dengan lebih tenang dan memiliki tingkat emosional yang stabil.

Itu dia penjelasan tentang karakteristik dari lima dimensi kepribadian OCEAN. Sudah tahu yang mana dimesi dominanmu, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id