STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Yeay! Inilah Daftar Bansos yang Siap Cair di 2022 Mendatang, Cek... Kamu Kebagian yang Mana?

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Selasa, 28 Dec 2021 12:30 WIB
Yeay! Inilah Daftar Bansos yang Siap Cair di 2022 Mendatang, Cek... Kamu Kebagian yang Mana?

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan hampir seluruh negara di dunia, para pemerintah secara gencar mengirimkan bantuan kepada masyarakatnya yang terdampak. Pemerintah Indonesia pun tak luput melakukan hal ini. 

Berbagai macam bantuan pun diberikan guna meringankan beban mereka sehari-hari. Nah, di tahun 2022 ini setidaknya ada tiga jenis bantuan yang siap diberikan oleh Pemerintah Indonesia. 

Berbagai bantuan sosial (bansos) yang diberikan ini memiliki jenis dan jumlah yang beragam. Apa saja bansos yang akan diberikan Pemerintah di tahun 2022, dan apakah kamu mendapatkannya? Simak selengkapnya di sini ya, Beauties!

1. Kartu Prakerja

Vokraf di Kartu PrakerjaKartu Prakerja/ Foto: Vokraf

Tak dipungkiri, selama masa pandemi Covid-19 ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan, sulit mendapatkan pekerjaan, dan memiliki usaha yang terdampak. Karena hal ini, Pemerintah pun mengeluarkan Kartu Prakerja. 

Di tahun 2022 mendatang, Kartu Prakerja akan kembali dibuka pada bulan kedua, yakni Februari. Adapun mereka yang lolos akan mendapatkan dana sebesar Rp3,55 juta, yang akan dibagikan secara bertahap.

Dari jumlah tersebut, dana sebesar Rp1 juta akan diberikan untuk peserta yang membeli paket pelatihan daring. Usai melakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, peserta akan mendapat dana sebesar Rp600 ribu per bulannya. Dana ini akan dibagikan dalam empat bulan berturut-turut. 

Setelah itu, terakhir para peserta pun akan mendapat dana sebesar Rp150 ribu setelah mengisi tiga kali survei. Sehingga secara total bantuan menjadi Rp3,55 juta.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH)

Kiat Menerima PaketBantuan Pangan Non Tunai & Program Keluarga Harapan/ Foto: Freepik.com/jcomp

Jenis bantuan kedua yang diberikan oleh Pemerintah di 2022 mendatang adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan ini akan diberikan untuk mereka yang termasuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

BPNT yang akan diberikan oleh Pemerintah ini nilainya mencapai Rp200 ribu per bulan untuk setiap KPM. Sedangkan untuk PKH akan diberikan pada keluarga yang memiliki kriteria, seperti keluarga yang memiliki ibu hamil/balita akan menerima bantuan Rp3 juta per tahun. 

Selanjutnya PKH untuk keluarga yang memiliki anak SD akan menerima Rp900 ribu per tahun, anak SMP Rp1,5 juta, dan anak SMA Rp2 juta per bulan. Lalu, jika dalam keluarga tersebut terdapat penyandang disabilitas atau lansia, bantuan Program Keluarga Harapan ini akan mendapatkan Rp2,4 juta. 

Jumlah ini pun akan berlipat jika dalam satu keluarga semisal memiliki 2 anak SD. Jadi jika setahun bantuan anak SD akan mendapat Rp900 ribu, maka jika memiliki dua anak menjadi Rp1,8 juta per tahun. 

Beauties, selain dua bantuan sosial di atas, masih ada bantuan lain yang akan dibagikan oleh Pemerintah di 2022 untuk masyarakat, baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE