sign up SIGN UP

3 Fakta tentang Berjemur Sinar Matahari yang Baik bagi Kesehatan Mental

Octaviani | Jumat, 27 Aug 2021 07:00 WIB
3 Fakta tentang Berjemur Sinar Matahari yang Baik bagi Kesehatan Mental
caption

Sinar matahari memang berperan penting untuk kehidupan manusia. Selain untuk penerangan dan meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi covid-19 seperti sekarang, sinar matahari juga rupanya berperan terhadap kesehatan mental.

Ya, ternyata berjemur di pagi hari bisa menjadi terapi untuk membantu berbagai penyakit mental seperti depresi, skizofrenia, dan gangguan makan.

Dikutip dari Medical Daily, seorang ahli saraf dari Northwestern Medicine yang juga spesialis konsultan gangguan tidur, Phyllis Zee, mengatakan ada peningkatan bukti bahwa paparan cahaya, terutama pada pagi hari yang memang bermanfaat bagi kesehatan. Ini pun berdampak pada suasana hati, kewaspadaan dan sistem metabolisme.

Sinar matahari baik untuk suasana hati
Sinar matahari baik untuk suasana hati/freepik.com/jcomp

Dilansir dari Very Well Mind, berikut Beautynesia merangkum beberapa manfaat berjemur bagi kesehatan yang bisa kamu simak:

1. Mengurangi Risiko Depresi

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengalami depresi mempunyai kadar vitamin D yang rendah. Sehingga berjemur di pagi hari dengan rutin dapat membantu mengurangi tingkat depresi dan memperbaiki gejalanya.

Dalam hal ini, asupan vitamin D yang tercukupi dengan baik dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan pengurangan gejala depresi. Hal ini pun telah dibuktikan dalam beberapa penelitian, termasuk pada perempuan hamil dan anak-anak.

2. Membantu Terapi Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku.

Perlu diketahui, terapi cahaya matahari juga sering digunakan untuk mengobati berbagai gangguan mental, termasuk skizofrenia. Terapi ini memberikan asupan vitamin D pada penderita untuk membantu perawatan gejalanya. Sebab, ditemukan bahwa penderita Skizofrenia akut mempunyai kadar vitamin D lebih rendah sama halnya seperti depresi.

Terapi sinar matahari
Terapi sinar matahari/freepik.com

3. Membantu Terapi Gangguan Makan

Manfaat berjemur bagi kesehatan mental yang terakhir, namun tidak kalah penting yaitu untuk membantu pengobatan dan pencegahan penderita gangguan makan. Dalam hal ini, vitamin D yang didapat dari aktivitas berjemur di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian dan serotonin yang berdampak pada perkembangan penderita gangguan makan.

Selain itu, berjemur juga dapat meningkatkan suasana hati dan perilaku yang lebih baik pada penderita. Nah, sudah tahu kan betapa bermanfaatnya sinar matahari bagi kesehatan mental kita, yuk jangan malas berjemur di pagi hari ya, Beauties!


Our Sister Site

mommyasia.id