STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

3 Manfaat Eggnog, Minuman Khas Natal yang Baik untuk Kesehatan

Intan Dwi | Beautynesia
Sabtu, 05 Dec 2020 19:00 WIB
3 Manfaat Eggnog, Minuman Khas Natal yang Baik untuk Kesehatan

Natal menjadi momen yang sangat dinantikan oleh umat Nasrani setiap tahunnya, untuk merayakannya mereka akan memeriahkannya dengan pernak-pernik khas dan hidangan natal yang lezat.

Selain makanan khas natal, ada minuman khas natal yang patut dicoba. Minuman itu adalah Eggnog, ini merupakan minuman klasik yang populer saat datangnya perayaan natal.

Eggnog biasanya dibuat dari susu, kuning telur dan rempah-rempah (pala atau kayu manis) yang dikocok. Minuman ini bisa menjadi minuman beralkohol bila ditambahkan dengan rum atau wiski.

Minuman ini merupakan suguhan dengan beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh. Berikut ini manfaat dari eggnog yang baik untuk tubuh.

Telur Menjadi Sumber Protein

Telur dalam eggnog mengandung 10-12 gram protein, dimana protein merupakan bagian penting dari makanan yang melakukan peran penting dalam pembentukan otot dan aliran darah.
Telur Menjadi Sumber Protein/freepik.com

Telur dalam eggnog mengandung 10-12 gram protein, dimana protein merupakan bagian penting dari makanan yang melakukan peran penting dalam pembentukan otot dan aliran darah.

Beberapa resep eggnog menggunakan telur mentah, sementara yang lain memasaknya dengan hati-hati. Tetapi ada juga yang membumbui telur dalam alkohol selama beberapa waktu untuk meningkatkan rasa dan membunuh bakteri.

Jika kamu ingin membuatnya sendiri, gunakan telur yang dipasteurisasi yang telah melalui proses pemanasan untuk membunuh bakteri yang tertinggal dan menghindari resiko salmonella.

Tetapi kalau kamu membeli eggnog di toko pilihlah yang diberi label sebagai pasteurisasi. Karena itu sudah bebas bakteri yang artinya manfaat proteinnya sama seperti buatan sendiri.

Rempah-Rempah Menjadi Anti-Inflamasi

Eggnog umumnya mengandung pala atau kayu manis, dimana keduanya merupakan rempah rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.
Rempah-Rempah Menjadi Anti-Inflamasi/freepik.com

Eggnog umumnya mengandung pala atau kayu manis, dimana keduanya merupakan rempah rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Pala mengandung antioksidan yang akan membantu melindungi sel dari stres oksidatif, suatu proses yang merusak dan mengobarkannya.

Dilansir dari Bustle, sebuah setudi tentang manfaat buah pala menemukan bahwa buah pala memiliki khasiat antioksidan. Sementara itu, kayu manis memiliki khasiat untuk kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol total.

Zat antioksidan dalam kayu manis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan diseluruh tubuh. Tapi ketika ingin membuatnya kamu harus memilih salah satu dari dua rmepah-rempah ini. Karena jika menggunakan banyak rempah sekaligus dapat menyebabkan gastrointestinal.

Alkohol Tidak Bermanfaat untuk Kesehatan

Meskipun eggnog menggunakan bahan-bahan sehat, semua khasiatnya tetap akan terkikis karena faktanya ini adalah minuman beralkohol.
Alkohol Tidak Bermanfaat untuk Kesehatan/freepik.com

Meskipun eggnog menggunakan bahan-bahan sehat, seperti telur yang kaya akan protein dan rempah yang memiliki anti-inflamasi, semua khasiatnya tetap akan terkikis karena faktanya ini adalah minuman beralkohol.

Melansir Bustle, seorang ahli diet mengungkapkan pendapatnya mengenai minuman ini, yaitu eggnog dengan minuman keras di dalamnya harus dengan hati-hati karena berdampak pada kesehatan akibat alkohol.

Alkohol sendiri tidak memiliki manfaat seperti yang orang-orang pikirkan, sehingga alkohol tidak banyak membantu untuk kesehatan. Bahkan dalam jumlah kecil sekalipun, semua alkohol dapat terkait dengan masalah kesehatan, seperti jantung dan hati. Tapi kalau kamu masih ingin menikmati minuman hangat di Hari Natal nanti tanpa alkohol, kamu bisa mencari resep minuman lain yang bebas alkohol.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE