STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

3 Posisi Tidur Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Tipe yang Mana?

Phanie Fauziah | Beautynesia
Selasa, 26 Oct 2021 21:30 WIB
3 Posisi Tidur Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Tipe yang Mana?

Tidur merupakan kegiatan wajib dan rutin yang kita lakukan untuk melepas lelah seharian setelah beraktivitas. Tapi, tidur bukan hanya sekedar itu saja lho, Beauties. Kita mungkin hanya berpikir tidur hanya sekadar memejamkan mata dan beristirahat.

Padahal, banyak hal yang harus kita perhatikan mengenai kualitas tidur yang memengaruhi kesehatan tubuh.

Manfaat 3 Posisi Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu faktor pendukung kualitas tidur yang baik adalah posisi tidur yang biasanya tidak kita perhatikan dengan baik. Berikut manfaat posisi tidur yang harus kita ketahui.

1. Posisi Tidur Terlentang

Tidur Terlentang
Posisi Tidur Terlentang/Pexels/Andrea Piacquadio

Jika kita bermasalah dengan sakit punggung, maka posisi tidur terlentang ini tepat untuk kita pilih. Tapi, pastikan kita tidak memiliki permasalahan pernafasan atau bahkan sedang hamil.

Tidur terlentang merupakan posisi tidur terbaik karena mampu mengurangi rasa sakit kronis, alergi, nyeri punggung, hidung tersumbat, hingga kerutan di wajah lho, Beauties. Sehingga tidak heran jika posisi tidur terlentang berpengaruh bagi kesehatan.

2. Posisi Tidur Menyamping

Tidur Menyamping
Posisi Tidur Menyamping/Pexels/Ketut Subiyanto

Posisi tidur menyamping hampir digunakan oleh setiap orang. Posisi tidur ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, ada beberapa pertimbangan dalam menggunakan posisi tidur menyamping ini.

Posisi tidur menyamping mampu mengatasi nyeri sendi saat hamil, membantu melancarkan jalannya sirkulasi udara pada janin, mengurangi gejala GERD atau asam lambung, dan mengatasi gangguan tidur seperti mendengkur.

Nah, hal yang perlu diperhatikan adalah pilihan arah posisi tidur ke kiri atau ke kanan, alangkah lebih baiknya posisi tidur menyamping menghadap ke kiri. Hal ini dikarenakan posisi tidur menyamping ke kanan bisa menekan organ internal yang bisa memperburuk GERD, ketidaknyamanan kehamilan, serta menimbulkan tekanan darah tinggi.

Hindari posisi tidur ini jika kita memiliki keluhan nyeri bahu, gangguan rahang, dan menghindari kerutan di wajah. Untuk menghindari nyeri punggung gunakan penyangga diantara kaki.

3. Posisi Tidur Tengkurap

Tidur Tengkurap
Posisi Tidur Tengkurap/Pexels/Andrea Piacquadio

Posisi tidur tengkurap dihindari oleh banyak orang. Posisi tidur ini memang kurang baik bagi kesehatan tulang punggung dan leher kita. Tapi, bagi Beauties yang tidak memiliki keluhan atau masalah dengan leher dan bahu, sesekali menggunakan posisi tidur tengkurap tidak masalah.

Hal ini dikarenakan posisi tidur tengkurap justru mampu mengatasi masalah pernafasan yang berhubungan dengan gangguan tidur seperti mendengkur. Tapi, pastikan kita tidak mengalami masalah leher dan bahu ya, Beauties. Jika perlu posisi tidur tengkurap ini hanya dilakukan sesekali saja.

Beauties, itu dia tiga posisi tidur yang berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Kalau kamu suka dengan posisi tidur mana nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE