sign up SIGN UP

5 Bumbu Masakan yang Ternyata Haram Dikonsumsi, Apa Saja?

Febriyani Rahmania | Senin, 10 Jan 2022 16:00 WIB
5 Bumbu Masakan yang Ternyata Haram Dikonsumsi, Apa Saja?
Bumbu masakan ini memang melezatkan, tetapi rupanya diklaim haram untuk dikonsumsi. (Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)
Jakarta -

Seasoning atau bumbu dalam masakan terasa wajib untuk membuatnya lezat. Ada banyak bentuk bumbu masakan yang ada di dunia ini, seperti rempah-rempah, dedaunan, dan kaldu hewani. Namun, ada juga beberapa orang yang menggunakan alkohol sebagai bumbu masakan.

Yaps! Ada beberapa restoran yang menggunakan alkohol untuk menambah kelezatan sebuah masakan, seperti restoran all you can eat (AYCE) yang tengah viral beberapa waktu belakangan ini. Dengan kata lain, makanan tersebut menjadi haram bagi sebagian orang, terutama muslim.

Seorang pengguna Instagram, @anggiyusriani, baru-baru ini mengeluhkan sebuah restoran Jepang yang menggunakan sake dalam meracik makanannya. Dalam unggahannya di Instagram, ia juga meminta para muslim lain untuk lebih berhati-hati dalam memilih restoran.

penggemar menu sushi ini merupakan orang yang suka mencoba hal-hal baruIlustrasi makanan Jepang. (Foto: easyhomemadesushi.com)

Dikutip dari Detik Food, rupanya ada beberapa bahan lainnya, selain sake, yang sering digunakan oleh restoran. Apa saja? Yuk, simak!

Angciu

Termasuk dalam alkohol, angciu merupakan arak yang terbuat dari fermentasi beras, sehingga mengeluarkan alkohol. Bumbu masakan ini kerap ditemukan pada masakan Cina, bahkan tak sedikit penjual nasi goreng yang menggunakan angciu untuk menambah kesedapan.

Sarapan dengan nasi, cocok untuk diet gluten/Foto: pexels.com/Tristan ChenIlustrasi nasi goreng. (Foto: pexels.com/Tristan Chen)

Sebagai gambaran, angciu memiliki bentuk cair berwarna kemerahan. Angciu juga memiliki rasa yang manis. Kamu bisa mengganti angciu dengan menggunakan kecap asin yang dicampur dengan air air jeruk limau atau jeruk nipis dan air jahe.

Bumbu masakan haram selanjutnya bisa kamu cek di SINI, ya, Beauties.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id