BILLBOARD
970x250

5 Dampak Buruk Pada Janin Jika Stres Selama Kehamilan

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Senin, 27 Apr 2020 03:00 WIB
5 Dampak Buruk Pada Janin Jika Stres Selama Kehamilan
Tak hanya berdampak pada tubuh, stres selama kehamilan juga dapat memiliki dampak buruk pada janin. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi bumil untuk mengelola stres yang sedang dialami. Untuk itu bumil perlu mencari tahu penyebab stres terlebih dahulu, agar dapat diatasi dengan baik. Karena jika stres dibiarkan berlarut dikhawatirkan dapat menjadi parah dan berdampak buruk pada janin. Diantaranya sebagai berikut ini.

1. Berpengaruh pada Otak Janin




Foto: https://freepik.com

Ketika bumil mengalami stres kronis selama kehamilan, hal ini diduga bisa berpengaruh pada otak janin lho. Apalagi pada saat trimester pertama, dimana pertumbuhan dan perkembangan otak janin sedang pesat. Nah, apabila bumil justru sering stres, maka dapat menghambat perkembangan otak dan meningkatkan risiko gangguan mental pada janin di kemudian hari. Meskipun begitu, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.


2. Pasokan Oksigen untuk Janin Berkurang




Foto: https://freepik.com

Bagi bumil yang mengalami stres dan kecemasan yang berlebihan saat hamil, hal ini dapat mendorong tubuh untuk memproduksi hormon stres yang dapat berdampak buruk pada janin. Produksi hormon tersebut diketahui dapat berakibat pada penyempitan pembuluh darah dan mengurangi pasokan oksigen ke rahim. Oleh karena itu, agar kesehatan janin dapat terjaga, cobalah untuk mengelola stres dengan baik ya bumil.


3. Bayi Lahir Prematur




Foto: https://freepik.com

Bumil yang mengalami stres tinggi saat hamil cenderung lebih beresiko melahirkan secara prematur. Seperti yang diketahui, bahwa bayi yang terlahir secara prematur mengalami beberapa resiko seperti masalah pernapasan, penyakit paru-paru, celebral palsy, perkembangan yang terlambat, bahkan hingga kematian. 


4. Bayi Terlahir dengan Berat Badan Rendah




Foto: https://freepik.com

Bumil yang tidak dapat mengatasi stres dengan baik selama kehamilan dapat beresiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Hal ini terjadi lantaran hormon yang terkait dengan stres dapat membuat pembuluh darah menyempit. Maka kondisi semacam ini dapat membuat aliran darah ke tali pusat menjadi menurun, sehingga janin pun menjadi sulit untuk mendapatkan pasokan nutrisi dari si ibu. 


5. IQ Janin dapat Menurun




Foto: https://freepik.com

Salah satu dampak negatif bumil yang stres selama kehamilan adalah dapat beresiko menurunnya IQ janin. Hal ini sendiri dibuktikan oleh hasil penelitian yang mengukur IQ para bayi dan balita. Pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa ibu hamil yang stres cenderung memiliki anak dengan IQ lebih rendah. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan ibu hamil yang memiliki tingkat stres di bawah batas normal. Selain itu, anak-anak yang lahir dari ibu yang stres selama kehamilan juga dapat menyebabkan kecemasan berlebih dan gangguan perilaku. 

Itulah beberapa dampak buruk stres selama hamil pada janin. Oleh karena itu, jaga selalu kesehatan dan mulailah untuk mengelola stres dengan baik. Jika sedang mengalami masalah, jangan pernah segan untuk berbagi dengan keluarga atau ahli yang terkait ya bumil.


(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE