BILLBOARD
970x250

5 Fakta Varian Mu, yang Disebut Kebal Vaksin-19 hingga Bisa Turunkan Kemanjuran Vaksin

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 08 Sep 2021 18:22 WIB
5 Fakta Varian Mu, yang Disebut Kebal Vaksin-19 hingga Bisa Turunkan Kemanjuran Vaksin

Mu adalah varian kelima covid-19 yang telah diawasi WHO dari Maret lalu. Adapun berturut-turut varian covid yang terdaftar adalah Eta, Iota, Kappa, Lambda, dan Mu.

Berikut Beautynesia merangkum sejumlah fakta dari varian Mu atau B.1.621 yang perlu diwaspadai.

Corona Viruses against Dark BackgroundCorona Viruses against Dark Background/ Foto: Getty Images/loops7

1. Terindikasi Bisa Kebal Vaksin

WHO telah memperingatkan varian ini punya sejumlah mutasi dan menunjukkan, bahwa varian ini berpotensi lebih kebal terhadap vaksin. Demikian seperti dikutip dari The Washington Post.

Pasalnya, kombinasi mutasi tersebut berpotensi bisa menurunkan netralitas antibodi, Beauties. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

2. Pertama Kali Terdeteksi di Kolombia

Covid-19 varian ini pertama kali terdeteksi di Kolombia, tepatnya awal tahun lalu. Selain itu, juga diketahui telah menyebar ke 40 negara. Di antaranya ada Jepang, Amerika Serikat, hingga beberapa bagian Eropa dan Amerika Selatan.

PosterIlustrasi virus covid-19/ Foto: Edi Wahyono

3. Terdeteksi 0.1 Persen Kasus Secara Global

Menurut data WHO, varian Mu ini terhitung sedikit secara global. Yakni 0,1 persen, dibanding varian lainnya. Meski begitu, varian Mu sudah mendominasi di Kolombia sebanyak 39 persen.

4. Varian Mu Masuk dalam VOI

Menurut Pakar Kesehatan dan Mantan Direktur WHO Asia Tenggara, Tjandra Yoga, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Varian Mu masih masuk dalam daftar Variant of Interest (VOI) per 30 Agustus 2021 kemarin.

Variant of Interest itu sendiri berarti varian yang memiliki kemampuan genetik untuk memengaruhi karakteristik virus, Beauties.. Karakteristik yang dimaksud di antaranya tingkat keparahan, penularan, juga kemampuan menghindari pengobatan. Untuk itu, saat ini menurut WHO, varian Mu layak untuk dipelajari lebih lanjut.

5. Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengungkap, varian Mu ini dapat menyiasati atau menurunkan efikasi antibodi atau imunitas tubuh.

Artinya, penyintas covid-19 dari varian Delta, Alpha dan sebagainya bisa terinfeksi lagi dengan varian Mu ini. Apalagi, varian ini diketahui bisa juga menurunkan efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin.

Cara melindungi diri dari varian ini diketahui sama dengan melindungi diri dari varian lainnya. Yakni dengan divaksin penuh serta menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu, kalau kamu belum divaksin, segera daftarkan dirimu ya! Terlebih saat ini sudah bisa mendaftar lewat aplikasi PeduliLindungi.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE