sign up SIGN UP

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Vaksin, Pantang!

Izzul Millati Umami | Beautynesia
Kamis, 12 Aug 2021 10:30 WIB
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Vaksin, Pantang!
caption

Suntik vaksin memang menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan saat ini. Vaksin sangat terbukti untuk menaikkan imun, membuat virus-virus asing lebih takut dengan kekebalan tubuh. Terbukti, mereka yang vaksin memang masih mungkin terpapar virus corona, namun dengan gejala yang ringan. Well, bagaimana denganmu, apakah sudah mendapatkan dosis vaksin? Bila memang sudah, perhatikan lagi untuk tidak melakukan beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan sehabis vaksin berikut ini. 

Mengabaikan Protokol Kesehatan

protokol kesehatan
protokol kesehatan/Foto:pexels.com/mart-production

Meski dengan suntik vaksin antibodi sudah terbentuk, namun tetap saja, Beauties tidak boleh abai dengan protokol kesehatan. Ini seperti logika saat seseorang mengenakan sabuk pengaman di mobil. Faktanya, sabuk pengaman meminimalisir resiko kecelakaan, namun tetap tidak bisa menghindarkan 100% pengendara mobil dari kecelakaan. So, tetap gunakan masker, cuci tangan, dan duduk berjarak sebisa mungkin. Usahakan supaya ruangan kamar bersih dengan mengepel dan membuang sampah. 

Menekan Lokasi Suntikan

menekan lokasi suntikan
menekan lokasi suntikan/Foto:pexels.com/karolina-grabowska

Beauties, setelah vaksin, beberapa orang akan mengalami nyeri di lokasi bekas suntikan. Meski begitu, hindari menekannya untuk menghindari terjadinya bekas dan infeksi. Kurangi rasa nyeri cukup dengan melakukan peregangan tangan. Ini supaya otot yang menegang saat disuntik kembali lentur lagi. 

Membuat Tato di Lengan Bekas Vaksin

Setelah vaksin, imunitas tubuh akan meningkat. Namun, bila Beauties berencana membuat tato setelahnya, sebaiknya hindari. Pembuatan tato di area lengan bekas vaksin justru menurunkan imuntas tubuh. Tak hanya menato, menindik tubuh seperti perut dan hidung juga memicu respons turunnya kekebalan. 

Melakukan Vaksin Dosis Selanjutnya dalam Waktu Dekat

vaksin dosis ke dua
vaksin dosis ke dua/Foto:pexels.com/karolina-grabowska

Pemberian vaksin tidak sama dengan minum jamu tradisional. Beauties tidak boleh melakukannya dalam jangka waktu yang sangat berdekatan. Setidaknya, tunggu 14-28 hari untuk melaksanakan vaksin dosis kedua. Kamu akan dibimbing oleh dokter pelaksana vaksin untuk pelaksanaan suntikan kedua dan ketiga. 

Kurang Minum Air Putih

Sebagian besar mereka yang vaksin mengalami rasa lapar dan haus yang kerap datang. Well, apakah kamu juga mengalami hal ini? Tetap perhatikan asupan makan kamu, ya! Jangan terlalu berlebihan. Bila kamu merasa lapar berkali-kali, sebaiknya tambah asupan cairan di tubuh kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id