sign up SIGN UP

JADI LEBIH BAIK

5 Kiat Memotivasi Diri agar Resolusi Olahraga Tahun Ini Nggak Cuma Jadi Wacana

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Selasa, 11 Jan 2022 06:00 WIB
5 Kiat Memotivasi Diri agar Resolusi Olahraga Tahun Ini Nggak Cuma Jadi Wacana
caption

Memulai kebiasaan untuk rutin berolahraga seringkali menjadi resolusi tahun baru yang sulit diwujudkan. Meski awalnya bersemangat, namun seiring berjalannya waktu ada saja hambatan dan tantangan yang bikin kamu kehilangan motivasi untuk melanjutkannya. 

Nah, bagaimana sih cara agar resolusi olahraga berjalan sukses dan tidak berakhir hanya menjadi wacana? Berikut 5 kiat untuk mempertahankan motivasi olahraga dikutip dari Mayo Clinic!

1. Pasang Target yang Masuk Akal

Tubuh atletis
Kiat mewujudkan resolusi olahraga 2022/Foto: Freepik/master1305

Kebiasaan salah yang sering dilakukan saat menerapkan resolusi tahun baru adalah memasang target terlalu tinggi. Termasuk saat menerapkan resolusi olahraga. 

Alih-alih memaksakan diri melakukan resolusi olahraga 1 - 2 jam setiap hari, sebaiknya sesuaikan target resolusi dengan kemampuan agar kamu tak kewalahan ya, Beauties. Misalnya pasang target berolahraga 2 - 3 kali seminggu dengan waktu 30 menit bagi kamu yang masih pemula. 

2. Lakukan Olahraga yang Bervariasi

Olahraga
Kiat mewujudkan resolusi olahraga 2022/Foto: Freepik/senivpetro

Tidak bisa dipungkiri, melakukan satu jenis olahraga yang sama terus menerus dapat menimbulkan rasa jenuh dan menurunkan motivasi. Untuk itu, kamu bisa menjalankan resolusi dengan melakukan berbagai jenis latihan olahraga yang bervariasi.

Misalnya sesekali ganti jogging dengan bersepeda, latihan HIIT atau mencoba mengikuti kelas pilates.

3. Berolahraga dengan Teman

Olahraga
Kiat mewujudkan resolusi olahraga 2022/Foto: Freepik/kroshka___nastya

Cara lain untuk menghindari rasa jenuh saat berolahraga adalah dengan melakukannya bersama teman dekat, pasangan atau saudara. Selain menjadi lebih bersemangat, kamu pun bisa saling memberi support jika salah satu tengah malas atau kehilangan motivasi berolahraga.

4. Buat Catatan Pribadi

Journal
Kiat mewujudkan resolusi olahraga 2022/Foto: Freepik/Alexvog

Catatan olahraga biasanya berisi jadwal serta durasi olahraga yang akan dilakukan selama seminggu. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan kemajuan-kemajuan apa saja yang kamu capai selama rutin berolahraga. Misalnya berapa lama kamu bisa melakukan plank atau berapa berat badan yang turun secara berkala.

Dengan melihat pencapaian-pencapaian yang telah terlewati, tentu kamu akan lebih semangat dan termotivasi untuk terus rutin berolahraga.

5. Berhenti Membandingkan Diri

Olahraga
Kiat mewujudkan resolusi olahraga 2022/Foto: Freepik/diana.grytsku

Kamu sering membandingkan hasil latihan hingga bentuk tubuhmu dengan orang lain? Jika iya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini, Beauties. Pasalnya, membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuatmu insecure dan kehilangan motivasi berolahraga.

Sebaiknya tetap fokus pada target awal yang kamu tentukan, serta hindari pula melakukan olahraga secara berlebihan untuk mendapat hasil instan.

[Gambas:Youtube]

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id