sign up SIGN UP

5 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan, Cobain Biar Gak Menyesal!

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Senin, 17 May 2021 21:00 WIB
5 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan, Cobain Biar Gak Menyesal!
caption

Meditasi adalah salah satu bentuk teknik relaksasi yang dilakukan dengan melatih konsentrasi dan fokus pikiran untuk mendapatkan perasaan yang tenang dan damai. Namun sayangnya, meditasi seringkali dianggap sepele oleh banyak orang.

Padahal, meditasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Tak hanya kesehatan mental, meditasi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk langsung simak 5 diantaranya berikut ini!

Mengatasi Stres dan Kecemasan

Manfaat utama yang banyak diketahui dari meditasi adalah untuk mengatasi stres dan kecemasan.
Meditasi/freepik.com

Manfaat utama yang banyak diketahui dari meditasi adalah untuk mengatasi stres dan kecemasan. Hal ini disebabkan karena meditasi dapat menghasilkan hormon endorfin yang berfungsi untuk mengelola stres.

Selain itu, meditasi juga bisa mengatasi rasa cemas. Karena meditasi dapat mengurangi kadar sitokin yang dapat mempengaruhi suasana hati.

Meningkatkan Konsentrasi

Rutin bermeditasi juga dapat meningkatkan konsentrasi. Sehingga kamu pun menjadi lebih fokus dalam memperhatikan sesuatu. Selain itu, meditasi juga mampu mengatasi pikun. Sebab dengan bermeditasi, daya ingatmu pun bisa semakin kuat.

Nah buat kamu yang mudah lupa atau sulit berkonsentrasi saat belajar maupun bekerja, cobalah luangkan waktu untuk bermeditasi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Stres berlebihan bisa membuat tekanan darah jadi meningkat. Sehingga hal ini dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras.
Meditasi/freepik.com

Stres berlebihan bisa membuat tekanan darah jadi meningkat. Sehingga hal ini dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Kondisi ini pun kemudian dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Seperti yang telah dijelaskan, meditasi dapat meredakan stres. Oleh sebab itu, meditasi juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengurangi Nyeri

Jika kamu mengalami asma, kanker, depresi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, masalah tidur dan sakit kepala, meditasi juga bisa membantu meredakan nyeri yang kamu rasakan. Sebab, persepsimu terhadap rasa sakit terhubung ke dalam pikiran. Sehingga jika kamu bermeditasi, rasa sakit tersebut juga bisa mereda.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan adanya peningkatan antibody atau zat pembentuk kekebalan tubuh yang lebih tinggi pada orang yang rutin melakukan meditasi.
Meditasi/freepik.com

Terakhir, meditasi dipercaya mampu menangkal penyakit dan infeksi. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan adanya peningkatan antibody atau zat pembentuk kekebalan tubuh yang lebih tinggi pada orang yang rutin melakukan meditasi. Namun selain bermeditasi, kamu juga perlu menjalani gaya hidup sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id