sign up SIGN UP

6 Jenis Lalapan yang Bantu Cegah Kolesterol

Henny Alifah | Beautynesia
Sabtu, 25 Apr 2020 21:00 WIB
6 Jenis Lalapan yang Bantu Cegah Kolesterol
caption
Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh berisiko besar terhadap kesehatan jantung. Dikatakan tinggi jika terdapat terlalu banyak kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Kondisi ini bisa jadi makin parah jika level kolesterol baik (HDL) rendah. Nah, beberapa lalapan ternyata dapat menghindarkan kamu dari ancaman bahaya kolesterol tinggi, lho.

1. Kubis


Foto: Istimewa
image source: farmersalmanac.com

Kubis paling sering dijumpai dalam makanan seperti nasi ayam dan pecel lele sebagai lalapan yang disajikan bersama sambal. Rasanya manis, sementara serat yang terkandung dalam kubis diyakini bisa cegah kolesterol dengan cara menurunkan kadar LDL dalam darah.
 


2. Kale


Foto: Istimewa
image source: eatthis.com

Kalium, magnesium, antioksidan, serat, adalah kandungan dalam kale yang baik untuk kesehatan jantung. Mineral dalam sayuran ini diyakini dapat menangkal hipertensi. Namun demikian, kale disebut tidak baik dimakan mentah, jadi pastikan rebus dulu sayuran ini sebelum menambahkannya sebagai lalapan.
 


5. Selada Air


Foto: Istimewa
image source: boxxfresh.com

Selain diolah jadi sayur tumis atau kuah santan, selada air juga segar dijadikan lalapan. Nah, selada air ini juga diyakini memiliki fungsi yang dapat mencegah kolesterol. Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang tinggi serta Vitamin C, K, dan vitamin A.
 


6. Tanaman herba


Foto: Istimewa
image source: delicious.com.au

Satu lagi jenis lalapan yang dapat cegah kolesterol, kali ini berasal dari tanaman herba. Sebut saja kemangi, seledri, daun sage, mint, hingga oregano. Tanaman herba dapat mengurangi bumbu tinggi lemak jenuh dan memaksimalkan rasa pada masakan. Mereka mengandung antioksidan yang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol saat dikombinasikan dengan sayuran.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id