sign up SIGN UP

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Atasi Ngantuk dan Bisa Tingkatkan Semangat

Ratih Dewi | Beautynesia
Senin, 15 Nov 2021 14:30 WIB
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Atasi Ngantuk dan Bisa Tingkatkan Semangat
caption

Saat beraktivitas seharian, energi di tubuh kita akan terkuras yang menyebabkan ngantuk dan semangat dapat menjadi menurun. Hal ini memangwajar terjadi, karena tubuh dan otak juga membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Oleh karena itu, biarpun Beauties sangat sibuk jangan pernah untuk melewatkan atau telat makan siang dan luangkan waktu untuk istirahat sebentar. Saat jam makan siang, Beauties bisa coba untuk mengkonsumsi makanan sehat berikut ini yang bisa dikonsumsi dengan mudah dan dapat kembali beraktivitas dengan optimal. 

Nah, makanan sehat apa saja sih yang bisa mengatasi ngantuk dan meningkatkan semangat? Yuk, cek artikel di bawah ini, ya! 

1. Telur

Telur
Telur/Foto : pexels.com/Ivan Samkov

Protein menjadi salah satu sumber energi untuk tubuh melakukan aktivitas. Banyak makanan yang mengandung protein, salah satunya telur yang memiliki kandungan protein cukup tinggi dan lengkap beserta kandungan vitamin lainnya. Seperti, vitamin B, vitamin D, dan lemak yang baik untuk tubuh. Demikian seperti yang dilansir dari laman My Food Data. 

Telur juga mudah diolah untuk sarapan atau makan siang, seperti telur mata sapi, telur dadar, atau olahan telur lainnya yang bisa dimakan bersama nasi untuk meningkatkan energi pada tubuh. 

2. Ubi Manis

Ubi Manis
Ubi Manis/Foto : pexels.com/Ela Haney

Ubi adalah salah satu makanan dengan sumber karbohidrat kompleks dan kaya akan serat yang baik untuk memberikan energi yang tahan lama dan bisa mengatasi ngantuk, karena lebih lambat dicerna oleh tubuh. 

Melansir dari laman Insider, ubi juga kaya akan vitamin B, seperti vitamin B6 dan vitamin B5 yang dapat mengubah kalori menjadi energi di tubuh. Jika tubuh kurang asupan vitamin B, maka tubuh akan mudah lelah dan mengantuk selama beraktivitas. 

3. Buah Apel 

Buah Apel
Buah Apel/Foto : pexels.com/Matheus Cenali

Melansir dari laman Hello Giggles, apel merupakan buah dengan sumber potasium, vitamin C, dan serat yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Untuk itu, tambahkan buah apel sebagai camilan sehat di sore hari atau makanan penutup setelah makan siang. 

Kandungan gula alami dalam buah apel juga bisa meningkatkan energi dan membuat semangat kembali beraktivitas. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan segar setiap hari menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga tingkat energi. 

4. Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon/Foto : pexels.com/Denys Gromov

Sudah tidak perlu diragukan lagi, ikan salmon memang dinilai memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Melansir dari laman On Health, ikan salmon kaya akan kandungan lemak baik dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, menurunkan risiko depresi, dan vitamin D yang menjadi sumber energi. 

Banyak resep masakan yang menggunakan ikan salmon untuk menu makan siang dan diolah dengan mudah. Sajikan bersama nasi merah, sayuran, dan buah yang bisa menjadi ide makan siang saat diet. 

5. Buah Pisang

Buah Pisang
Buah Pisang/Foto: pexels.com/alleksana

Selain buah apel, pisang juga menjadi salah satu buah yang kaya akan sumber potasium yang menjadi sumber energi dan meningkatkan mood selama beraktivitas. Pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi yang mencegah tubuh mudah lelah.

Melansir dari laman Vogue, ahli gizi Dr. Rohani Patil menjelaskan, untuk sarapan pisang bisa diolah menjadi smoothie atau makan buah utuh untuk dijadikan cemilan di sela aktivitas. 

6. Kacang Almond 

Kacang Almond
Kacang Almond/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Kacang almond adalah sumber magnesium dan vitamin B yang baik untuk tubuh. Penulis buku Boosting Your Metabolism for Dummies, Rachel Berman, R.D, C.D.N, menunjukkan orang dengan kadar magnesium rendah cenderung mudah lelah, karena magnesium membantu mengubah makanan menjadi energi. 

Melansir dari laman Everyday Health, kekurangan vitamin B juga menyebabkan tubuh mudah lelah, mudah marah, dan hilangnya konsentrasi yang dapat menganggu aktivitas. Karenanya kacang almond bisa jadi rekomendasi camilan yang sehat dan enak ya, Beauties!

-------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id