sign up SIGN UP

7 Penyebab Insomnia Ini Paling Umum Terjadi, Pernah Merasakan Salah Satunya Beauties?

ira syafira | Selasa, 03 Aug 2021 19:45 WIB
7 Penyebab Insomnia Ini Paling Umum Terjadi, Pernah Merasakan Salah Satunya Beauties?
caption

Insomnia atau sulit tidur sepertinya sudah tidak asing bagi sebagian orang, bahkan kamu sendiri mungkin pernah mengalaminya. Insomnia biasanya dialami oleh seseorang yang merasa tertekan atau banyak pikiran dan beban yang harus diselesaikan.

Namun, bukan hanya itu saja, ternyata masih banyak penyebab lain yang bisa membuatmu mengalami insomnia. Walaupun terkesan sepele, insomnia akan membuat fungsi normal tubuh kamu terganggu, selain itu kamu pasti akan kurang fokus saat menjalani aktivitas di siang hari. Untuk itu, sebelum kamu mengalami insomnia yang parah, sebaiknya kenali penyebab apa yang membuat kamu merasa sulit untuk tidur. 

Berikut adalah beberapa penyebab insomnia paling umum yang mungkin kamu alami. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Beauties!

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein/Foto: Pexels/Angela Roma
Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein/Foto: Pexels/Angela Roma

Minum kopi terlalu berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, jika kamu mengonsumsi kopi terlalu banyak, maka asupan kafein yang masuk ke tubuh juga semakin banyak. Efeknya, kafein tersebut akan meningkatkan kewaspadaan yang semakin kuat dan membuat kamu menjadi sulit tidur.

Angka normal untuk asupan kafein orang dewasa adalah 400 mg per hari, atau kurang lebih 4 cangkir kopi. Jika lebih dari itu, kamu tidak hanya akan merasakan insomnia, namun juga mengalami sakit kepala, detak jantung terasa lebih cepat, dan sering buang air kecil. Ketahuilah, kafein bukan hanya terkandung pada kopi saja, tapi juga minuman lain seperti teh, soda, serta minuman berenergi.

2. Makan Terlalu Banyak Pada Malam Hari

Makan Terlalu Banyak Pada Malam Hari/Foto: Pexels/Askar Abayev
Makan Terlalu Banyak Pada Malam Hari/Foto: Pexels/Askar Abayev

Makan sebelum tidur merupakan salah satu pola makan yang buruk. Belum lagi jika makanan yang kamu konsumsi porsinya cukup banyak sehingga perut terasa kenyang dan badan menjadi berat. 

Perut kenyang terkadang bisa membuat tidurmu menjadi tidak nyaman. Selain itu, saat kamu langsung tidur, asam lambung akan lebih mudah naik ke kerongkongan. Sehingga, perutmu bisa terasa mulas atau tiba-tiba merasakan sensasi panas di dada.

Gangguan semacam ini bisa menjadi penyebab insomnia yang mungkin tidak kamu sadari. Sepele memang, tapi kamu harus pastikan untuk memberi jeda waktu 2-3 jam sesudah makan sebelum memutuskan untuk tidur.

3. Fisik Kurang Aktif di Siang Hari

Fisik Kurang Aktif di Siang Hari/Foto: Pexels/Ekaterina Bolovtsova
Fisik Kurang Aktif di Siang Hari/Foto: Pexels/Ekaterina Bolovtsova

Tidak melakukan aktivitas yang cukup di siang hari pasti membuat badan merasa jenuh. Saat tidak ada aktivitas yang dilakukan, bisa jadi kamu merasa ngantuk. Nah, kurangnya aktivitas ini nantinya akan membuat tidur siangmu menjadi lebih lama. Akibatnya, di malam hari kamu pasti mengalami kesulitan untuk tidur tepat waktu.

Penyebab satu ini biasanya sering dialami oleh lansia, karena usia yang cukup senja membuat aktivitas para lansia menjadi berkurang. Namun, tidak menutup kemungkinan jika hal ini juga dialami oleh remaja atau orang dewasa, terutama mereka yang sedang merasakan libur panjang.

4. Sibuk Bermain Gadget Menjelang Tidur

Sibuk Bermain Gadget Sebelum Tidur/Foto: Freepik/Tirachardz
Sibuk Bermain Gadget Menjelang Tidur/Foto: Freepik/Tirachardz

Saat ini, perangkat seperti smartphone, tablet, TV, atau gadget yang lain, menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Semua menggunakannya untuk berkomunikasi dengan rekan atau hanya sekedar menghibur diri dengan berbagai macam fasilitas yang ada.

Padahal, menurut laman Cleveland Clinic, terdapat beberapa faktor yang membuat smartphone menjadi salah satu penyebab insomnia. Pertama, cahaya biru di layar smartphone/gadget akan menekan hormon melatonin yang mengatur jam biologis tubuh. Otak akan menganggap bahwa sinar tersebut merupakan tanda bahwa hari masih terang, sehingga kamu tidak merasa mengantuk.

Kedua, memainkan gadget membuat otak tatap aktif dan terjaga, dimana ini membuat mata menjadi sulit terpejam. Terakhir, menelusuri media sosial lewat smartphone sebelum tidur juga dapat memicu perasaan cemas bahkan kesal saat melihat sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi, sebaiknya letakkan ponsel kamu jika sudah waktunya tidur ya!

5. Jam Tidur Hari Kerja dan Hari Libur Berbeda

Jam Tidur yang Berbeda/Foto: Pexels/Acharaporn Kamornboonyarush
Jam Tidur yang Berbeda/Foto: Pexels/Acharaporn Kamornboonyarush

Tanpa diketahui, tubuh kita membutuhkan konsistensi tersendiri, seperti konsistensi dalam mengatur jam tidur. Ketika kamu terbiasa menjaga waktu tidur yang teratur selama hari kerja, tapi terbiasa tidur lebih larut di akhir pekan, maka jangan harap bisa memejamkan mata dengan mudah.

Kondisi semacam ini biasa disebut dengan "social jet lag" oleh para ahli. Hal ini bisa terjadi saat kamu secara efektif memaksa tubuh untuk beralih antara dua zona waktu yang berbeda dalam tiap minggunya. Jet lag ini juga bisa terjadi saat kamu bepergian ke dua tempat dengan zona waktu berbeda, bekerja lembur, atau saat pergantian shift kerja.

6. Usia yang Semakin Tua

Usia yang Semakin Tua/Foto: Pexels/Kampus Production
Usia yang Semakin Tua/Foto: Pexels/Kampus Production

Seiring bertambahnya usia, risiko penyakit yang diderita akan semakin banyak. Tidak terkecuali gangguan sulit tidur yang akan dialami lansia, yakni seperti insomnia. Kondisi ini terjadi karena ritme sirkadian yang melemah seiring bertambahnya usia. 

Ritme sirkadian berfungsi sebagai pengatur jam biologis tubuh, yaitu jam yang akan mengatur waktu kamu untuk tidur ataupun bangun. Melemahnya ritme ini mengakibatkan jam biologis tubuh tersebut menjadi terganggu, sehingga sangat mungkin menjadi penyebab kamu tidak bisa tertidur dengan nyenyak.

7. Stres yang Terlalu Berlebih

Stres yang Terlalu Berlebih/Foto: Pexels/Ivan Samkov
Stres yang Terlalu Berlebih/Foto: Pexels/Ivan Samkov

Setiap waktu, pasti ada aja yang bikin kita merasa stres bahkan hingga tertekan. Stres tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pekerjaan, tugas sekolah, keuangan, ataupun keluarga. Walaupun dengan menghadapi stres ini akan membuatmu siap menjalani berbagai masalah kedepannya, namun tidak semua orang bisa mengatasinya dengan mudah.

Stres yang sulit dihadapi bisa jadi merupakan salah satu penyebab insomnia. Pasalnya, jika kamu ingin tidur dengan nyenyak, maka otak dan tubuh harus berada dalam keadaan tenang dan rileks.

Akan tetapi, jika kamu sedang stres, otak akan sangat aktif dan inilah yang membuatmu merasa sulit memejamkan mata. Stres dan sulit tidur ini memiliki keterkaitan satu sama lain. Kamu akan merasa sulit untuk tidur dengan nyenyak jika sedang merasa stres. Lebih buruknya, kamu bisa menjadi stres akibat kesulitan untuk tidur. 

Itulah beberapa penyebab umum insomnia yang sering tidak kamu sadari, Beauties. Usahakan untuk mengatur waktu tidur kamu agar jauh dari kondisi yang tidak diinginkan. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id