STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

8 Cara Meningkatkan Hormon Bahagia Secara Alami Menurut Ahli, Coba Terapkan Mulai Sekarang!

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 19 Jan 2023 07:30 WIB
8 Cara Meningkatkan Hormon Bahagia Secara Alami Menurut Ahli, Coba Terapkan Mulai Sekarang!
8 Cara Meningkatkan Hormon Bahagia Secara Alami Menurut Ahli, Coba Terapkan Mulai Sekarang!/Foto: Freepik/benzoix

Hormon adalah hal yang sangat penting bagi tubuh. Percaya atau tidak, pembawa pesan kimia ini dapat memengaruhi segalanya mulai dari penampilan hingga perasaan kita. Ada empat hormon yang memiliki peranan penting untuk membuat kita selalu merasa bahagia, yaitu serotonin, dopamin, endorfin, dan oksitosin.

Keempat hormon tersebut termasuk ke dalam hormon 'feel-good' atau hormon kebahagiaan. Untuk menjaga keempat hormon ini agar tetap seimbang, hanya diperlukan beberapa penyesuaian sederhana pada gaya hidup kita dan bisa didapatkan juga secara alami. Dilansir Byrdie, berikut 8 cara meningkatkan hormon kebahagiaan secara alami menurut ahli.

Mendapatkan Sinar Matahari

Ragam cara meningkatkan hormon feel-good secara alami
Berjemur/Foto: Freepik.com/marcelino-pozo-

Meskipun banyak bukti yang menunjukkan bahaya paparan sinar matahari, faktanya mendapatkan sedikit sinar matahari dapat bermanfaat bagi kesehatan. Sinar matahari dapat merangsang reseptor retina di mata dan menyebabkan rangsangan serotonin. Sinar matahari juga dapat merangsang produksi vitamin D, yang digunakan tubuh untuk mengubah triptofan menjadi serotonin.

Tambahkan Triptofan dan Antioksidan dalam Menu Diet

Ragam cara meningkatkan hormon feel-good secara alami
Bayam, sayuran yang mengandung triptofan/Foto: Unsplash.com/Louis Hansel

Serotonin juga ditemukan di dalam usus dan membantu mengatur pencernaan. Jika kita kekurangan serotonin, kita mungkin mengalami masalah pencernaan seperti mual dan iritasi usus. Menambahkan triptofan dan antioksidan ke dalam menu diet dapat berdampak positif pada suasana hati.

Triptofan adalah prekursor untuk produksi serotonin. Antioksidan seperti polifenol dan vitamin dapat membatasi respons peradangan yang menyebabkan kerusakan triptofan. Beberapa makanan yang mengandung triptofan di antaranya tuna, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau tua, susu, dan produk kedelai.

Konsumsi Lebih Banyak Makanan Fermentasi

Ragam cara meningkatkan hormon feel-good secara alami
Kimchi, makanan fermentasi/Foto: Unsplash.com/Portuguese Gravity

Makanan fermentasi dapat meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan suasana hati. Makanan yang termasuk makanan fermentasi meliputi kimchi, yoghurt, kombucha, kefir, tempe, dan miso.

Fermentasi memungkinkan bakteri baik untuk hidup dalam makanan dan menciptakan probiotik. Mikroorganisme ini mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus dan dapat meningkatkan kadar serotonin. Faktanya, mikrobioma usus menghasilkan hingga 90 persen serotonin tubuh.

Jangan Lupakan Protein

Ragam cara meningkatkan hormon feel-good secara alami
Sumber protein/Foto: Unsplash.com/Jason Leung

Makanan yang kita konsumsi dapat secara langsung memengaruhi kadar hormon kita, termasuk dopamin. Menurut ahli, tirosin dan fenilalanin adalah asam amino yang ditemukan dalam makanan kaya protein, seperti kalkun, daging sapi, telur, produk susu, kedelai, dan kacang-kacangan. Kacang fava juga memiliki kadar L-Dopa yang tinggi, yang dapat digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan dopamin.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE