STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bahaya Banget! Inilah 5 Dampak Negatif Terlalu Sering Bekerja Lembur, Salah Satunya Kenaikan Berat Badan

Justina Nur | Beautynesia
Senin, 09 Aug 2021 08:00 WIB
Bahaya Banget! Inilah 5 Dampak Negatif Terlalu Sering Bekerja Lembur, Salah Satunya Kenaikan Berat Badan

Bekerja sampai larut malam atau lembur tentu kerap dilakukan oleh anak muda yang kini masuk usia produktif, termasuk usia kita nih, Beauties. Pasti kalian atau bahkan kamu sendiri sering melakukannya.

Pada umumnya, banyak orang bekerja hingga larut malam karena pekerjaannya tidak selesai tepat waktu. Selain itu, banyak juga yang menyukai bekerja saat malam hari karena lebih tenang dan bisa jadi makin fokus.

Akan tetapi, ternyata bekerja hingga larut malam bisa berbahaya untuk tubuh lho! Inilah beberapa dampak negatif akibat bekerja hingga larut malam.

1. Menimbulkan Pola Makan yang Kurang Sehat

Menimbulkan Pola Makan yang Kurang Sehat
Menimbulkan Pola Makan yang Kurang Sehat/Pexels.com/KoolShooters

Seseorang yang sering bekerja larut malam bahkan hingga begadang, cenderung makan banyak saat sore hari, dan memiliki waktu makan yang kurang teratur. Selain itu, mereka juga cenderung mengonsumsi lebih banyak alkohol, minuman atau makanan kaya akan gula, dan produk berkafein, serta sering melewatkan sarapan.

Seseorang yang bekerja hingga larut malam juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit sayuran dan biji-bijian. Frekuensi makan juga akan berkurang tapi jumlah yang dimakan akan lebih banyak. 

2. Berisiko Terkena Tekanan Darah Tinggi

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 dan diterbitkan di Jurnal Chronobiology International menyebutkan bahwa orang yang bekerja hingga larut malam 30% lebih mungkin untuk memiliki tekanan darah tinggi daripada orang yang tidak lembur hingga larut malam. Bahkan hal tersebut tetap terjadi meski mereka mengontrol jumlah total tidur dan kualitas tidur.

3. Cenderung Tidak Berolahraga

Cenderung Tidak Berolahraga
Cenderung Tidak Berolahraga/Pexels.com/Tim Samuel

Seseorang yang sering bekerja hingga larut malam, bahkan tidak tidur justru sering menghabiskan waktu dengan duduk. Tak hanya itu, mereka juga sering kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga dan mempertahankan jadwal olahraga yang teratur.

4. Berisiko Tinggi Terkena Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang sangat serius, yang dapat dipicu karena sering tidur larut malam. Akan tetapi, kamu bisa mengurangi tingkat risikonya dengan melakukan perubahan gaya hidup.

5. Berat Badan Naik

Berat Badan Naik
Berat Badan Naik/Pexels.com/Pavel Danilyuk

Ketika seseorang tidur larut malam, maka mereka menjalani hidup mereka seperti biasa saat malam hari, salah satunya adalah makan. Jika waktu tidurmu jam 3 pagi, maka kamu bisa makan sekitar jam 11 malam atau tengah malam. Hal ini akan menimbulkan masalah metabolisme pada tubuh yang akan menimbulkan kenaikan berat badan.

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE