STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bahaya Konsumsi Terlalu Banyak Gula untuk Kecantikan, Bisa Picu Jerawat Hingga Penuaan Dini

Dians Marfuah | Beautynesia
Senin, 02 May 2022 18:30 WIB
Bahaya Konsumsi Terlalu Banyak Gula untuk Kecantikan, Bisa Picu Jerawat Hingga Penuaan Dini

Makanan manis memang tidak bisa lepas dari keseharian kita. Selain lezat di mulut, makanan manis ini  memang memiliki manfaat bagi tubuh. Contohnya membantu mengembalikan energi yang hilang seperti pada saat puasa.

Makanya, nggak heran ada banyak orang yang berbuka puasa dengan makanan manis. Mengonsumsi makanan  manis dalam porsi yang wajar memang tidak ada masalah.

Tapi kalau sampai dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah, lho. Mulai dari masalah kesehatan seperti diabetes, risiko terkena penyakit jantung hingga masalah kecantikan. Nggak percaya? Yuk, simak langsung 3 bahaya konsumsi terlalu banyak gula bagi kecantikan!

Jerawat

Ilustrasi kulit wajah bermasalah/Pexels.com/Photo by Andrea Piacquadio
Ilustrasi kulit wajah bermasalah/ Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bahaya konsumsi terlalu banyak gula bagi kecantikan yang pertama adalah jerawat. Tahukah kamu, makanan kaya karbohidrat seperti makanan dan minuman manis sering dikaitkan dengan kehadiran jerawat di wajah?

Hal ini terjadi karena makanan dan minuman manis bisa memicu naiknya gula darah dan hormon insulin tubuh. Yang mana hal ini juga berpengaruh pada  produksi hormon androgen yang memicu  produksi minyak berlebih.

Seperti yang kita ketahui minyak berlebih di wajah akan memicu timbulnya jerawat. Karena  debu dan kotoran lebih gampang menempel ke wajah dan menyumbat pori-pori. 

Penuaan Dini

Ilustrasi penuaan dini/Pexels.com/Photo by Shiny Diamond
Ilustrasi penuaan dini/ Foto: Pexels.com/Shiny Diamond

Mengonsumsi terlalu banyak gua ternyata bisa meningkatkan risiko penuaan dini. Mengapa demikian? Saat kita mengonsumsi gula, gula tersebut akan menempel dengan protein dalam darah.

Gabungan keduanya dapat membentuk suatu molekul yang memicu penuaan dini. Karena molekul ini dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit. Padahal kolagen dan elastin ini berperan penting menjaga kulit supaya tetap kencang, kenyal dan awet muda.

Nah, jika kedua komponen tersebut banyak yang rusak, kulit akan terlihat keriput, kendur dan tua.

Meningkatkan Berat Badan

Ilustrasi makanan manis/Pexels.com/Photo by Ella Olsson
Ilustrasi makanan manis/ Foto: Pexels.com/by Ella Olsson

Sudah menjadi pengetahuan umum jika mengonsumsi terlalu banyak gula bisa bikin berat badan naik. Berat badan yang naik dan tidak ideal akan berpengaruh pada kesehatan dan penampilan anda.

Umumnya orang yang suka mengonsumsi makanan dan minuman manis memiliki kelebihan berat badan dan lebih berisiko terkena diabetes tipe 2. Selain itu, gula sendiri merupakan salah satu hal yang bikin penumpukan lemak di tubuh. Penumpukan lemak berlebih di tubuh bakalan kamu kurang percaya diri juga kan, Beauties?

Oleh karenanya, kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsi gula. Bukan hanya bagi kecantikan, mengonsumsi terlalu banyak gula juga memiliki dampak buruk bagi kecantikanmu.

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE