sign up SIGN UP

Bahaya untuk Kesehatan! Inilah 5 Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebih, Salah Satunya Kurangi Saus dan Kecap ya...

aqillah diaz | Beautynesia
Minggu, 09 Jan 2022 07:30 WIB
Bahaya untuk Kesehatan! Inilah 5 Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebih, Salah Satunya Kurangi Saus dan Kecap ya...
caption

Apakah kamu sering mengonsumsi makanan atau minuman manis? Yap, makanan atau minuman manis dapat meningkatkan mood, namun jika kamu terlalu sering mengonsumsinya juga nggak baik lho bagi kesehatan tubuh, seperti tubuh susah untuk mencerna makanan berserat, vitamin, dan mineral.

Tentu saja yang berlebihan itu nggak baik, kan? Apalagi ketika mengonsumsi gula berlebih dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya.

Untuk mencegahnya, kamu dapat memulai membatasi konsumsi gula tiap harinya, maksimal 50 gram atau 4 sendok makan per hari. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara dan tips untuk mengurangi asupan gula berlebih. Check this out!

1. Mengurangi Minuman yang Mengandung Gula

Mengurangi Minuman yang Mengandung Gula / foto : pexels.com/SharonMurillo
Mengurangi Minuman yang Mengandung Gula / foto : pexels.com/SharonMurillo

Saat ini banyak minuman di sekitar kita yang mengandung gula, seperti kopi, soda, boba, minuman kemasan ataupun minuman manis lainnya. Tubuh tidak mengenali kalori dan minuman dengan cara yang sama seperti dari makanan.

Minuman juga tidak membuatmu merasa kenyang, bahkan konsisten untuk mengurangi minuman manis dapat menurunkan berat badan, Beauties. Oleh karena itu, nggak ada salahnya kan mengurangi minuman manis dengan minuman yang lebih sehat, seperti air putih atau infused water. Hal ini dilakukan agar kesehatanmu terjaga ya!

2. Mengurangi Konsumsi Saus dan Kecap

Mengurangi Konsumsi Saus dan Kecap / foto : pexels.com/AlenaShekhovtcova
Mengurangi Konsumsi Saus dan Kecap / foto : pexels.com/AlenaShekhovtcova

Salah satu cara dan tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi asupan gula dalam tubuh adalah mengurangi konsumsi saus dan kecap. Pasti banyak orang tidak menyadari kandungan gula di dalam saus sambat, saus tomat, dan kecap cukup tinggi.

Satu sendok makan saus tomat bisa mengandung 1 sendok teh gula. Untuk itu, kamu dapat mengurangi konsumsi saus dan kecap dengan menggantinya dengan rempah-rempah atau cabai segar atau cuka. 

3. Mengganti Roti Putih dengan Roti Gandum

Mengganti Roti Putih dengan Roti Gandum / foto : pexels.com/CupofCouple
Mengganti Roti Putih dengan Roti Gandum / foto : pexels.com/CupofCouple

Kamu suka sarapan menggunakan roti? Nah, ternyata roti putih biasanya mengandung 2 hingga 3 gram gula dan tidak mengandung serat, oleh karena itu kamu dapat mengganti roti putih dengan roti gandum karena gula pada roti gandum hanya mengandung 0 hingga 1 gram gula dan 3 hingga 5 gram serat.

Selain itu, mengurangi konsumsi makanan bertepung juga dapat mengurangi risiko menderita diabetes jenis 2, lho!

4. Memperhatikan Label Makanan

Memperhatikan Label Makanan / foto : pexels.com/LauraJames
Memperhatikan Label Makanan / foto : pexels.com/LauraJames

Ketika sedang membeli makanan atau minuman di supermarket ada baiknya untuk memperhatikan label makanan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui jumlah gula tambahan yang terkandung dalam produk makanan atau minuman tertentu.

Namun sayangnya, kamu harus lebih jeli ketika membaca label produk makanan atau minuman yang dibeli karena seringkali kata gula ditulis dengan istilah lain, seperti sirup gula, gula pasir madu, fruktosa, sukrosa, atau lainnya. So, kamu kamu lebih berhati-hati ya, Beauties.

5. Mengonsumsi Protein dan Lemak Lebih Banyak

Mengonsumsi Protein dan Lemak Lebih Banyak / foto : pexels.com/MalidateVan
Mengonsumsi Protein dan Lemak Lebih Banyak / foto : pexels.com/MalidateVan

Asupan protein dan lemak yang tinggi ternyata memiliki manfaat, lho. Makanan dengan kandungan lemak tinggi dapat menekan nafsu makan. Serta mengonsumsi makanan yang tinggi protein dapat mengurangi rasa ingin ngemil.

Oleh karena itu, untuk mengurangi keinginan mengonsumsi makanan manis, maka kamu dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan yang kaya protein dan lemak, seperti daging, ikan, alpukat, dan telur.

Itulah beberapa cara dan tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi asupan gula berlebih. Stay healthy ya, Beauties! Jangan lupa untuk menjaga pola makan yang baik dan sehat.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id