STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Beauties Sudah Tahu? Ternyata Belimbing Punya Berbagai Manfaat untuk Gigi!

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Senin, 14 Nov 2022 16:30 WIB
Beauties Sudah Tahu? Ternyata Belimbing Punya Berbagai Manfaat untuk Gigi!

Memiliki gigi putih cemerlang atau gigi yang cerah adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang.  Meski demikian, ada beberapa kebiasaan yang bikin gigi menguning seiring berjalannya waktu. Misalnya, sering minum kopi dan menggosok gigi terlalu keras.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut saat ini ada banyak perawatan untuk mendapatkan gigi putih yang bisa dilakukan. Bleaching adalah salah satu metode pemutihan gigi yang paling sering dilakukan.

Selain dengan metode bleaching, kamu juga bisa mendapatkan gigi putih dengan bahan alami, lho. Yup, kamu bisa menggunakan belimbing wuluh untuk memutihkan gigi. Nggak Percaya? Simak ulasannya langsung, yuk.

Mencerahkan Gigi

Resep Rahasia Kecantikan ala Perempuan BaduyIlustrasi belimbing wuluh/ Foto: instagram.com/pandasprouts

Belimbing wuluh adalah buah yang sering digunakan dalam masakan tradisional di Indonesia. Buah ini memiliki warna hijau dan rasa asam yang cukup pekat. Selain bisa jadi bumbu masakan, belimbing wuluh ternyata dapat memutihkan gigi, lho.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan potensi belimbing wuluh sebagai bahan alami pemutih gigi. Belimbing wuluh sendiri mengandung senyawa karbosilat dan asam oksalat yang memiliki sifat yang sama dengan bahan pemutih gigi yaitu peroksida.

Ada pula kandungan lain seperti saponin, kalsium, fosfor dan sifat antibakteri gram positive yang baik untuk kesehatan gigi dan rongga mulut.

Cara Mencerahkan Gigi dengan Belimbing

Ilustrasi/ Pinterest.com/ Gita Cinta
Ilustrasi belimbing wuluh/ Foto: Pinterest.com/Gita Cinta

Cara alami memutihkan gigi yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Nah, caranya cukup mudah, pertama-tama sediakan 2-3 buah belimbing wuluh segar lalu parut hingga halus. Campurkan belimbing yang telah halus dengan garam.

Aplikasikan campuran tersebut ke gigi dengan menggunakan gosok gigi. Setelah dirasa cukup, berkumurlah dengan air bersih dan lihat langsung perubahan warnanya. Jika tak ingin ribet kamu juga bisa langsung menggosokkan belimbing ke gigi dengan sedikit mengigitnya ya.

Mengobati Sakit Gigi

Ilustrasi seseorang merasa sakit gigi/Foto: Freepik.com/BalashMirzabeyIlustrasi seseorang merasa sakit gigi/Foto: Freepik.com/BalashMirzabey

Siapa yang sering sakit gigi? Mengganggu banget pasti kan. Nah selain memutihkan gigi, rupanya belimbing juga bisa dipakai untuk mengobati sakit gigi, lho. Pasalnya, rasa asam yang ada pada belimbing berguna sebagai antibakteri.

Yang mana antibakteri ini cukup efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut, utamanya penyebab sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan belimbing yaitu menghaluskan buah belimbing satu atau dua buah. Oleskan pada gigi yang sakit lalu diamkan.

Itu dia manfaat belimbing untuk mencerahkan gigi dan cara memakainya. Gimana Beauties, tertarik mencobanya?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE