sign up SIGN UP

Benarkah Ada Olahraga yang Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit?

Dian Aprilia | Beautynesia
Selasa, 15 Dec 2020 20:00 WIB
Benarkah Ada Olahraga yang Efektif Untuk Mengecilkan Perut Buncit?
caption
Jakarta -

Pernah gak sih kamu melakukan kegiatan olahraga tertentu untuk kecilkan perut buncit atau bakar lemak di perut? Tak sedikit informasi di media sosial, seperti instagram, Youtube, dan lainnya yang mengungkap beberapa olahraga yang diklaim mampu bakar lemak di perut.

Dua olahraga yang sering diklaim mampu bakar lemak perut adalah plank dan sit up. Namun, mengapa sudah rajin sit up dan plank tapi perut masih buncit juga?

Hal ini bisa diwajari, sebab pada dasarnya tidak ada olahraga yang mampu kurangi lemak di area tubuh tertentu. Jadi bisa disimpulkan bahwa olahraga untuk mengecilkan perut itu hanya mitos.

Berdasarkan studi Chilean, ditemukan bahwa orang yang melakukan olahraga bisa mengurangi 5 persen lemak di tubuh secara keseluruhan dengan latihan tiga kali dalam seminggu. Namun, hampir tidak ada lemak yang hilang di bagian tertentu saja, misalnya pada kaki atau perut saat menjalankan olahraga tertentu.

Faktanya, plank dan sit-up adalah olahraga yang berfungsi untuk mengencangkan otot bukan membakar lemak. Hal ini dibuktikan dengan efek pengurangan lemak perut dari kedua jenis olahraga ini tidaklah terlalu besar.

Lantas, apa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut?

Biasanya, lemak tubuh bisa berkurang tergantung pada seberapa banyak kalori yang dibakar selama berolahraga. Pembakaran kalori dari olahraga pun bergantung pada variasi, durasi, dan intesitas aktivitas fisik selama berolahraga.

Untuk itu bisa disimpulkan, membakar lemak di bagian perut bisa dilakukan dengan olahraga yang tepat dan dilakukan secara konsisten. Sebaiknya kamu memilih variasi, durasi dan intensitas olahraga yang paling optimal sesuai dengan kapasitas tubuh agar bisa bakar kalori tubuh lebih banyak.

Olahraga yang Efektif Bakar Lemak

Senam aerobik atau zumba

Zumba
Zumba/pexels.com

Senam aerobik dan zumba adalah jenis olahraga yang berenergi tinggi sehingga efektif untuk membakar kalori dalam jumlah banyak. Diketahui olahraga zumba bisa membakar 570 kalori/jam, sedangkan senam aerobik bisa membakar 360 kalori/jam.

Selain membakar lemak dalam tubuh, senam aerobik dan zumba memiliki berbagai manfaat lainnya. Seperti halnya menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar gula, tekanan darah, dan kolesterol jahat serta meningkatkan mood dan energi.

Jogging

Jogging
Jogging/pexels.com

Jogging atau lari santai juga jadi salah satu olahraga yang efektif untuk bakar lemak. Cukup lakukan selama 20-30 menit setiap 3-4 kali dalam seminggu, pasti hasil akan langsung bisa dirasakan setelahnya.

Berdasarkan penelitian The American Council on Exercise, orang dengan berat badan 60-63 kg bisa bakar hingga 396 kalori per 30 menit, jadi jika dihitung per jam, maka jogging bisa bakar kalori sampai 792 kalori.

Berenang

Swimming
Swimming/pexels.com

Berenang termasuk olahraga yang mampu bakar lemak tubuh secara bertahap dan tentunya bagus untuk mengecilkan perut. Selain itu berenang juga bermanfaat untuk memelihara kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kualitas tidur. Berenang bisa bakar 500-700 kalori/jam.

Tak cukup dengan hanya olahraga, kamu juga perlu mengimbangi dengan rangkaian pola hidup sehat lainnya untuk membakar lemak di perut. Seperti halnya menjaga pola makan bergizi dan seimbang, manajemen stres yang baik, rajin minum air putih, menghindari rokok dan alkohol, serta istirahat yang cukup.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id