sign up SIGN UP

Berapakah Dosis Harian Asupan Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh? Ini Penjelasannya

Raudiya Nurfadilah | Minggu, 01 Aug 2021 13:00 WIB
Berapakah Dosis Harian Asupan Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh? Ini Penjelasannya

Selama pandemi covid-19, kita diharuskan untuk selalu menjaga imunitas tubuh. Selain vitamin C yang dibutuhkan tubuh, kita juga memerlukan vitamin D yang berguna untuk memperkuat tulang. Sebagian besar vitamin D berasal dari sinar matahari dan makanan lain.

Vitamin D merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan. Dikutip dari laman Medical News Today, makanan tertentu hanya mengandung sebagian kecil vitamin D. Untuk memperoleh vitamin D, kamu bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sebagian besar vitamin D berasal dari sinar matahari dan makanan lain
Dosis asupan vitamin d yang dibutuhkan per hari / Foto: Pexels/ Kindel Media

Beauties, vitamin D memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, seperti membantu tubuh menyerap kalsium untuk tulang yang kuat, mendukung saraf untuk membawa pesan ke dan dari otak, berperan dalam menggerakkan otot, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

Lalu berapa dosis asupan vitamin D per hari yang dibutuhkan tubuh?

Dikutip dari WebMD, pada November 2010, komite ahli Institute of Medicine telah merekomendasikan jumlah vitamin D dari makanan dan suplemen berikut ini.

  • Bayi usia 0-6 bulan: asupan yang cukup sebanyak 400 IU / hari; tingkat asupan maksimum yang aman sebanyak 1.000 IU / hari.
  • Bayi usia 6-12 bulan: asupan yang cukup sebanyak 400 IU / hari; tingkat asupan maksimum yang aman sebanyak 1.500 IU / hari.
  • Anak usia 1-3 tahun: asupan yang cukup sebanyak 600 IU / hari; tingkat asupan maksimum yang aman sebanyak 2.500 IU / hari.
  • Anak usia 4-8 tahun: asupan yang cukup sebanyak 600 IU / hari; tingkat asupan maksimum yang aman sebanyak 3.000 IU / hari.
  • Usia 9-70 tahun: asupan yang cukup sebanyak 600 IU / hari; tingkat asupan maksimum yang aman sebanyak 4.000 IU / hari.
  • Usia +70 tahun: asupan yang cukup sebanyak 800 IU / hari; tingkat asupan maksimum yang aman sebanyak 2.500 IU / hari.

Our Sister Site

mommyasia.id