STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Biar Lebih Nyaman, Ini 5 Tips Hentikan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Henny Alifah | Beautynesia
Kamis, 07 May 2020 21:00 WIB
Biar Lebih Nyaman, Ini 5 Tips Hentikan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur
Hampir setiap orang pernah mendengkur, itu wajar. Namun, jika frekuensinya terlalu sering akan menurunkan kualitas tidur yang berdampak pada kesehatan. Belum lagi suara dengkuran yang keras juga akan mengganggu orang lain. Ada beberapa solusi efektif untuk mengatasi kebiasaan mendengkur, berikut di antaranya.

1. Tidur dalam posisi menyamping dan gunakan bantal


Foto: Istimewa
image source: Unsplash/sekibaku

Banyak pakar mengatakan bahwa posisi tidur berpengaruh besar terhadap dengkuran. Mereka yang kerap mendengkur biasanya tidur dalam posisi telentang. Tips berhenti mendengkur dari para ahli yaitu tidur dengan posisi menyamping. Posisi ini akan membuat pangkal lidah tidak bersinggungan dengan tenggorokan yang menimbulkan masalah dengan pernapasan.

Biasakan pula untuk meletakkan posisi kepala lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk melancarkan pernapasan. Karena itu, penting untuk menopang kepala dengan bantal saat tidur agar tidak mendengkur. Bahkan, kini telah banyak dijual bantal yang dirancang khusus untuk mengatasi dengkuran, lho.
 


2. Bersihkan saluran hidung


Foto: Istimewa
image source: menoclinic.com

Jika hidungmu tersumbat, bersihkan rongga hidung dengan larutan garam sebelum tidur. Bisa juga gunakan neti pot, nasal decongestant, atau nasal strip yang dapat membantu kamu bernapas lebih mudah saat tidur. Jika kamu punya alergi, jangan lupa kurangi tungau debu dan bulu hewan peliharaan di kamar atau gunakan obat alergi.
 


5. Berhenti Merokok


Foto: Istimewa
image source: thehoneycombers.com

Jika kamu seorang perokok, peluang untuk mendengkur saat tidur sangat tinggi. Merokok mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan yang dapat menyumbat saluran udara dan menyebabkan dengkuran. Memang mudah diucapkan daripada dilakukan, namun upayakan untuk berhenti merokok jika ingin tidak mendengkur ketika tidur.

Itu tadi lima tips berhenti mendengkur. Penting diingat juga, tubuh yang kelelahan biasanya membuat kamu mendengkur saat tidur. Jadi, pastikan kamu punya waktu yang cukup untuk istirahat, ya.
 


(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE