STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Biar Nggak Bosan, Ini 5 Aktivitas Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Saat Isolasi Mandiri

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Selasa, 15 Feb 2022 07:15 WIB
Biar Nggak Bosan, Ini 5 Aktivitas Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Saat Isolasi Mandiri

Bagi pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sebagai upaya mencegah penyebaran virus, tentu bukanlah hal yang mudah. Mereka harus tinggal di dalam rumah atau tempat isolasi mandiri lainnya tanpa keluarga dan teman dengan aktivitas terbatas.

Untuk mengatasi rasa bosan, ada beberapa aktivitas menyenangkan dan menyehatkan yang bisa dilakukan saat isolasi mandiri. Kira-kira apa saja? Check it out!

Menonton Film atau Serial

Menonton film atau serial/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Menonton film atau serial/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Agar rasa bosan teralihkan, salah satu aktivitas seru yang dapat kamu lakukan saat isolasi mandiri adalah menonton film atau serial kesukaanmu. Selain itu, kamu bisa menonton tayangan edukasi untuk pengembangan diri dan menambah wawasan.

Tanamkan pada pikiranmu bahwa waktu yang sedang kamu habiskan ini sebagai me time, dan bukan aktivitas yang menjenuhkan. Pemikiran positif seperti ini akan mempengaruhi kondisi mental menjadi lebih sehat dan bersemangat pasca pemulihan dari COVID-19.

Meditasi

Meditasi/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Meditasi/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Proses kebiasaan melatih pikiran untuk fokus dan mengarahkan pikiran agar tetap positif disebut meditasi. Semakin populer, aktivitas meditasi disukai kebanyakan orang karena memiliki begitu banyak manfaat kesehatan. Kamu dapat menggunakan meditasi untuk meningkatkan kesadaran diri dan lingkungan.

Dilansir dari Healthline, manfaat meditasi di antaranya dapat mengurangi stres, mengembangkan konsentrasi, mengembangkan kebiasaan dan perasaan seperti suasana hati dan pandangan positif, disiplin diri, dan pola tidur yang sehat.

Cara melakukan meditasi dimulai dengan duduk nyaman di lantai dan menyilangkan kaki, lalu pastikan punggung tegak lurus. Tutup mata dan buat tubuh menjadi rileks, perdalam pernapasan secara perlahan dengan memastikan otak berkonsentrasi pada napas dan hilangkan pikiran terhadap hal lain. Lakukan hal ini selama 5-10 menit atau lebih.

Video Call dengan Keluarga atau Teman

Video call dengan keluarga atau teman/Foto: Pexels/Edward Jenner
Video call dengan keluarga atau teman/Foto: Pexels/Edward Jenner

Bersosialisasi saat isolasi mandiri sangat penting, mengingat manusia adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi. Manfaatkan media sosial dengan melakukan video call, kamu bisa terhubung tatap muka secara virtual menggunakan laptop atau ponsel dan bertukar kabar dengan keluarga, teman atau orang yang bisa memberikan dukungan selama proses pemulihan.

Besar kemungkinan imunitas tubuh kembali meningkat setelah bersosialisasi dan mendapatkan dukungan. Oleh karena itu, jika kamu menerima video call dari saudara atau teman yang terinfeksi virus Corona, jangan ragu mengangkatnya, ya!

Olahraga

Olahraga/Foto: Pexels/Elina Fairytale
Olahraga/Foto: Pexels/Elina Fairytale

Olahraga ringan juga bisa menjadi aktivitas pilihan bagi pasien positif COVID-19 demi menjaga tubuh tetap bugar. Tidak hanya bermanfaat bagi fisik, olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Contohnya seperti mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, mengurangi depresi dan kecemasan, memperlambat terjadinya penurunan kognitif dan demensia dan meningkatkan fungsi otak.

Kamu bisa memilih jenis olahraga seperti yoga, push up, gerakan workout yang simple, senam, atau berlari menggunakan treadmill. Jangan lupa juga berjemur pagi di bawah terik matahari selama 10-15 menit ya, Beauties!

Membaca Buku

Membaca buku/Foto: Pexels/George Milton
Membaca buku/Foto: Pexels/George Milton

Aktivitas selanjutnya yang bisa mengurangi rasa bosan adalah membaca buku. Kamu bisa membaca berbagai buku mulai dari buku fiksi seperti novel, kumpulan cerpen, puisi dan komik, serta buku nonfiksi seperti pengembangan diri, atau autobiografi.

Di era serba digital ini, kamu juga bisa membaca cerita dan buku di layar ponsel melalui e-book atau aplikasi online dan berbagai website.

Itulah lima aktivitas di rumah yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa bosan selama menjalani isolasi mandiri. Tetap jaga diri dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, ya, Beauties!

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE