sign up SIGN UP

Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 6 Manfaat Konnyaku Makanan Khas Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 19:00 WIB
Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 6 Manfaat Konnyaku Makanan Khas Jepang untuk Kesehatan Tubuh
caption
Jakarta -

Konnyaku merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari umbi Amorphopallus Konjac atau porang. Tanaman ini banyak dijumpai di Indonesia, namun sayangnya masyarakat Indonesia menganggap tanaman ini sebagai gulma pengganggu. Konnyaku sendiri memiliki tekstur kenyal seperti jelly atau agar-agar.

Konnyaku sendiri memiliki banyak jenis, Beauties. Salah satunya adalah shirataki yang termasuk ke dalam jenis Ito Konnyaku. Selain digunakan sebagai bahan masakan, konnyaku juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Merangkum dari berbagai sumber, ini 6 manfaat konnyaku untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak!

Bermanfaat sebagai Obat

Konnyaku sebagai obat
Konnyaku sebagai obat/Foto: pinterest.com/The Kitchn

Pada abad ke-6, para biksu Buddha menggunakan konnyaku untuk mengobati berbagai penyakit, seperti batuk, luka bakar, bahkan tumor. Konnyaku juga dipercaya sebagai pembersih lambung dan usus karena kemampuannya dalam mengobati gangguan pencernaan, mengeluarkan racun, dan kotoran dari dalam tubuh.

Mengeluarkan Toksin

Konnyaku berfungsi untuk mengeluarkan toksin dari usus
Konnyaku berfungsi untuk mengeluarkan toksin dari usus/Foto: pinterest.com/Just One Cookbook

Konnyaku memiliki kandungan air sebanyak 97 persen dan glucomanan sebanyak 3 persen yang berfungsi membersihkan toksin dari dalam usus. Serat glucomanan dapat membantu mencegah kanker usus dan wasir karena sifat probiotiknya, yaitu dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik dapat menstimulasi gerakan peristaltik usus sehingga membantu mengeluarkan toksin dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu resep menggunakan konnyaku
Salah satu resep masakan menggunakan konnyaku/Foto: pinterest.com/Japanese Cooking 101

Berdasarkan penelitian David E. Walsh dari Moorhead State University Moor Acad, konsumsi satu gram konnyaku selama 8 minggu dapat membantu menurunkan berat badan hingga 2,5 kilogram. Selain kaya serat, konnyaku sama sekali tidak mengandung lemak dan rendah kalori.

Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Tazuna Konnyaku
Tazuna Konnyaku/Foto: pinterest.com/Just One Cookbook

Kandungan serat glucomanan dalam konnyaku juga dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi konnyaku bisa menurunkan serta menormalkan kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh. Bahkan konnyaku direkomendasikan untuk dikonsumsi demi mengurangi risiko penyakit jantung.

Cocok untuk Penderita Diabetes

Konnyaku cocok untuk penderita diabetes
Konnyaku cocok untuk penderita diabetes/Foto: pinterest.com

Konsumsi konnyaku bersama dengan makanan lain akan mengurangi kecepatan penyerapan gula dari makanan, mengontrol kadar gula darah, dan mencegah diabetes. Hal ini berdasarkan penelitian Mc Carry MF dari Pantox Laboratories.

Menyeimbangkan Asam Basa Tubuh

Konnyaku untuk menyeimbangkan asam basa tubuh
Konnyaku untuk menyeimbangkan asam basa tubuh/Foto: pinterest.com

Konnyaku merupakan makanan pembentuk basa dengan pH netral yang dapat menetralkan dan menyeimbangkan asam basa tubuh. Keseimbangan asam basa tubuh sangat penting bagi kesehatan.

Jika pH tubuh tidak seimbang, akan menimbulkan gangguan serta kerusakan pada sel dan organ tubuh yang mengakibatkan kurang energi, lemas, berat badan meningkat, kerja sistem pencernaan melemah, dan imunitas menurun.

Itulah beberapa manfaat dari konnyaku. Saat ini, konnyaku telah tersedia dalam berbagai macam produk, seperti beras hingga jelly powder. Konnyaku sendiri rasanya tawar ya, Beauties. Inilah yang menyebabkan konnyaku sering digunakan sebagai bahan campuran dalam masakan Jepang.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id