sign up SIGN UP

Bisa Lancarkan Pencernaan, Ini 4 Manfaat Kombucha Bagi Kesehatan

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Jumat, 10 Dec 2021 07:15 WIB
Bisa Lancarkan Pencernaan, Ini 4 Manfaat Kombucha Bagi Kesehatan
caption
Jakarta -

Beauties, kamu yang menerapkan gaya hidup sehat mungkin sudah tidak asing lagi dengan kombucha. Yup, tren minuman yang satu ini memang sempat ramai diperbincangkan di masyarakat.

Sebenarnya kombucha bukan minuman baru, minuman ini sudah ada dari ratusan tahun lalu, yakni 220 SM. Melansir dari Forbes, secara historis minuman tradisional ini berasal dari China Timur Laut, tepatnya Machuria.

Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari bahan-bahan seperti teh hitam atau hijau, gula, bakteri dan ragi yang didiamkan sekitar satu sampai tiga minggu dalam suhu ruang. Karena kombucha dihasilkan dari proses fermentasi, minuman ini memiliki aroma seperti cuka dan berasa sedikit asam.

Kombucha dipercaya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk pencernaan. So, apa aja sih manfaat baik lainnya dari kombucha untuk kesehatan tubuh? Yuk simak manfaatnya!

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

salah satu penyebab terjadinya sembelit karena masalah pencernaan
Ilustrasi sakit perut/Foto: Freepik.com/jcomp

Kombucha dianggap mampu menjaga hingga meredakan beberapa masalah pada masalah pencernaan, seperti sembelit. Hal ini karena adanya kandungan probiotik yang terkandung dalam kombucha yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mental

Depresi dapat terjadi karen  kondisi suasana hati yang sedang tidak baik
Ilustrasi kesehatan mental/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Melansir dari Mindbody Green, lebih dari sepuluh penelitian menyebutkan kombucha mampu meringankan gejala depresi. Hal ini karena kandungan probiotik dan antioksidan yang terkandung dalam kombucha yang mampu menyehatkan otak dan meningkatkan suasana hati seseorang menjadi lebih baik.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sering lembur bisa berbahaya bagi kesehatan jantung.Ilustrasi sakit jantung/Foto: Freepik

Melansir dari Healthline, sebuah penelitian pada hewan percobaan menunjukkan bahwa kombucha dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kombucha juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan kombucha adalah teh hijau. Faktanya, seseorang yang gemar minum teh hijau memiliki 31 persen lebih rendah risiko terkena penyakit jantung. Manfaat ini juga berlaku untuk kombucha. 

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker 

Kanker menjadi salah satu penyebab kematian terbesar didunia
Ilustrasi penyakit kanker/Foto: Freepik.com/freepik


Kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia, termasuk di Indonesia. Kombucha sendiri dipercaya dapat melindungi tubuh dari risiko kanker.

Hal ini karena kombucha mengandung antioksidan dan polifenol. Melansir dari Healthline, dalam sebuah studi reaksi kombucha mampu membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel penyebab kanker karena adanya dua kandungan bahan tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat dari minuman kombucha untuk tubuh. Meskipun memiliki kandungan baik yang diperlukan tubuh, jangan sampai mengonsumsi kombucha secara berlebihan ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id