sign up SIGN UP

Bye Lemak! Ini 5 Tips Diet Sehat bagi Pemula di 2022, Salah Satunya Buat Target yang Realistis!

Nadya Quamila | Senin, 10 Jan 2022 14:00 WIB
Bye Lemak! Ini 5 Tips Diet Sehat bagi Pemula di 2022, Salah Satunya Buat Target yang Realistis!
caption
Jakarta -

Memasuki tahun yang baru, resolusi untuk menjadi lebih baik adalah hal yang umum dan diterapkan hampir semua orang. Tidak hanya menjadi lebih baik dalam aspek kepribadian, namun juga penampilan. Jika berbincang tentang penampilan, pasti tak jauh-jauh dari bahasan seputar berat badan.

Menurunkan berat badan melalui diet menjadi salah satu resolusi tahun baru paling populer di dunia. Nah, buat kamu yang punya resolusi untuk menurunkan berat badan di tahun 2022, berikut lima tips diet bagi pemula yang wajib kamu coba. Yuk, cek!

Buat Target yang Realistis

Menambah pengetahuan tentang diet mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Rawpixel.comIlustrasi membuat target diet/Foto: Freepik.com/Rawpixel.com

Salah satu kesalahan utama yang paling sering terjadi ketika memulai diet adalah membuat target yang tidak realistis. Sering kali, kebanyakan orang mengharapkan hasil diet yang signifikan dan besar. Akhirnya, mereka memaksa diri berusaha membuat perubahan secara drastis dan menyeluruh.

Hal inilah yang membuat resolusi diet menjadi gagal dan tidak terwujud. Sebab, adanya tuntutan yang tidak realistis membuat orang yang menjalani merasa tertekan dan pada akhirnya malas.

Oleh karena itu, penting untuk membuat program diet yang realistis dan sesuai kebutuhan tubuh. Buatlah goals yang kamu yakini bisa dicapai, tidak apa-apa mulai dari sesuatu yang kecil. Selain realistis, konsisten menjadi kunci untuk diet yang sukses.

Mengonsumsi Protein

Konsumsi TelurIlustrasi telur/Foto: Pexels.com/Ivan Samkov

Protein merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh selain karbohidrat dan lemak. Melansir dari Healthline, protein adalah nutrisi yang paling penting untuk menurunkan berat badan dan bentuk tubuh yang tampak lebih baik.

Asupan protein yang tinggi dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan dan mengubah beberapa hormon pengatur berat badan. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, protein juga dapat membantu menghilangkan lemak perut, sehingga membuat perut menjadi lebih rata.

Kamu bisa menambahkan protein ke dalam menu sarapan. Ini akan membuatmu merasa kenyang lebih lama dan tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan tidak sehat sampai jam makan siang. Beberapa makanan kaya protein yang bisa kamu konsumsi saat diet seperti telur, brokoli, kacang, ikan tuna, dan masih banyak lagi.

Konsumsi Camilan yang Sehat

Buat kamu yang gemar makan camilan usai makan berat, tentu akan sulit jika secara drastis langsung menghilangkan kebiasaan ini saat diet. Tidak perlu khawatir, kamu bisa ngemil dengan pilihan makanan yang sehat yang tidak membuat berat badan naik.

Beberapa pilihan camilan sehat tanpa khawatir akan berat badan naik misalnya greek yoghurt dengan topping berbagai buah beri, apel dan selai kacang, kacang-kacangan, buah-buahan seperti pisang, jeruk atau anggur.

Makan Teratur

Diet, lifestyleIlustrasi makan/Foto: Unsplash.com/Louis Hansel

Buatlah jadwal makan yang teratur. Melansir dari Eat This! Not That, lebih baik makan di pagi dan siang atau sore hari. Sebab, tubuh lebih efektif dalam mengolah makanan di pagi hari.

Makan di malam hari dapat membuat kamu kesulitan untuk mengontrol berat badan karena insulin tidak berfungsi dengan baik, yakni hormon yang memindahkan glukosa yang dihasilkan oleh pencernaan ke dalam sel tubuh.

Melewatkan makanan di siang atau sore hari juga dapat menyebabkan kamu makan berlebihan di malam hari, membuat kamu kesulitan dalam mengendalikan berat badan karena konsumsi kalori yang berlebihan.

Selain itu, jangan skip sarapan ya, Beauties! Sarapan tidak hanya penting untuk kesehatan, namun juga sangat penting untuk meningkatkan metabolisme dalam membuat perut jadi langsing. Contoh menu sarapan terbaik yang bisa kamu pilih adalah makanan yang kaya akan serat dan protein.

Olahraga yang Rutin

olahragaIlustrasi olahraga/Foto: Freepik.com /tirachardz

Last but not least, seimbangkan program diet sehat dengan olahraga. Olahraga menjadi salah satu hal penting dalam diet. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, olahraga juga dapat membuat mood menjadi lebih baik, di mana sangat dibutuhkan untuk menjalankan diet. Jika kamu tidak terbiasa berolahraga sebelumnya, mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, renang, lompat tali, hingga naik turun tangga.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id