sign up SIGN UP

Cara Diet Cepat Alami, Begini Tantangan Minum Air Putih Sebelum Makan! Berani Coba?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Jumat, 29 Oct 2021 15:30 WIB
Cara Diet Cepat Alami, Begini Tantangan Minum Air Putih Sebelum Makan! Berani Coba?
caption

Salah satu kunci diet cepat supaya berhasil menurunkan berat adalah dengan menjaga asupan nutrisi dan menghindari konsumsi kalori berlebihan dari makanan tidak sehat. Ssst, ada satu lagi rahasianya, yaitu dengan dibantu minum air putih!

As we know, manusia memerlukan setidaknya ± 2 liter air per hari untuk menjaga hidrasi tubuh supaya organ-organ di dalamnya dapat bekerja optimal. Manfaat minum air putih yang cukup yaitu bagus untuk kesehatan kulit, melancarkan detoksifikasi ginjal, meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak lebih cepat, sekaligus mengendalikan nafsu makan.

cara diet
Manfaat air putih untuk tubuh/Foto: Pexels.com/Olya Kobruseva

Tahukah Beauties, air putih sanggup membantu keberhasilan diet, lho! Ketika minum air putih, perut kita akan merasa penuh. Sebab air putih merupakan bahan alami yang bisa bantu mengurangi nafsu makan dengan kandungan nol kalori.

Alhasil, tubuh akan mengirim sinyal ke otak bahwa kita sudah kenyang dan membuat keinginan untuk banyak makan berkurang.

Trik Diet dengan Minum Air Putih Sebelum Makan

Nggak perlu ribet, inti dari cara diet sehat ini adalah minum air putih 1,5 liter lebih banyak daripada biasanya. Tujuannya yakni untuk mengurangi asupan kalori harian. Lalu, bagaimana aturannya?

Nah, minumlah air putih 500 ml tiap 30 menit sebelum jam makan (sarapan, makan siang, dan makan malam). Ingat, ya, bukan cuma minum air 1,5 liter per hari, tetapi kamu menambah ekstra 1,5 liter air dari konsumsi harian, yakni 2 liter.

cara diet
Diet minum air putih/Foto: Pexels.com/Pixabay

Minum air putih 30 menit sebelum makan menyebabkan kamu lebih cepat kenyang saat makan. Lantaran kalori yang dikonsumsi lebih sedikit, maka kamu secara tidak sadar akan lebih mudah mencapai defisit kalori. Hitung-hitung, trik ini jadi alternatif untuk bisa kurus tanpa olahraga sambil mengempiskan perut buncit!

Kalau minum air dingin sebelum makan apakah boleh? Sejatinya, air dingin hanyalah air putih yang didinginkan tanpa tambahan bahan apapun, sehingga nilai kalorinya tetap nol. Eits, asalkan kamu jangan sekalian menambahkan gula dan teh, ya!

Tips Minum Air Putih yang Lebih Sehat

cara diet
Segelas air putih tiap 2 jam sekali/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Di samping minum air putih 500 ml sebelum makan, sebaiknya juga minumlah 2 gelas air putih saat bangun tidur dan selanjutnya segelas air putih setiap 2 jam sekali secara teratur sampai kebutuhan airmu terpenuhi. For your info, kebutuhan konsumsi air per hari pada manusia berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, berat badan, dan aktivitas fisik.

Cara ini akan membantu memastikan cairan tubuhmu ‘terisi ulang’ agar tidak dehidrasi, serta melancarkan BAB demi menghilangkan perut buncit. Jadi, alih-alih makan makanan tinggi gula, perbanyak minum air putih jauh lebih sehat bahkan bisa turunkan berat badan.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id