sign up SIGN UP

Catat! 8 Tips Aman Mencegah Penularan Virus Covid-19 untuk Pengguna Transportasi Umum

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 28 Aug 2021 19:30 WIB
Catat! 8 Tips Aman Mencegah Penularan Virus Covid-19 untuk Pengguna Transportasi Umum
caption

Menurut Kominfo, terdapat 3 ciri-ciri lokasi penuh risiko penularan Covid-19: ramai orang, ruangan sempit, dan ventilasi buruk. Transportasi umum seperti Commuter Line, Transjakarta, angkot, dan taksi jadi tempat yang rentan terhadap penularan infeksi Covid-19. Apalagi bila kondisinya sedang ramai penumpang.

Oleh sebab itu, bagi Beauties yang harus berpergian ke luar rumah, perkuat daya tahan tubuhmu dan pastikan kamu telah mendapatkan vaksin Covid-19, demi mencegah penularan virus.

Nah, kamu bisa mengikuti tips-tips aman dari penularan Covid-19 saat berpergian menggunakan transportasi umum. Stay safe, Beauties!

1. Pakai Masker secara Benar

cara mencegah covid-19
Gunakan masker KN95 dengan benar/Foto: Pexels.com/Sora Shimazaki

Supaya efektif, kewajiban memakai masker harus diterapkan dengan benar, apalagi saat kamu sedang berada di dalam transportasi umum. Gunakan dua lapis masker (masker medis di bawah masker kain) atau satu masker KN95 atau masker KF94.

Pastikan masker tetap menutupi hidung dan mulut. Jangan bolak-balik menurunkan masker, apalagi melepasnya dengan tangan yang tidak bersih.

2. Hindari Jam Sibuk

Kepadatan suatu tempat merupakan salah satu faktor utama penularan virus. Bila memungkinkan, coba kamu berangkat beraktivitas lebih awal dan pulang lebih telat untuk menghindari transportasi umum penuh sesak pada jam sibuk.

Meski harus berkorban, hasil yang didapat cukup sepadan demi mencegah penularan virus.

3. Jaga Jarak antar Penumpang

cara mencegah covid-19
Jaga jarak minimal 1 meter/Foto: Pexels.com/Ketut Subiyakto

Meski ada kebijakan kapasitas maksimal 50% dan pengaturan tempat duduk dalam kendaraan, tetap perhatikan jarak minimal 1 meter dari penumpang lain. Begitu pun saat kamu sedang menunggu kendaraan tiba.

Bila ada penumpang yang batuk atau bersin walaupun ia memakai masker, sebisa mungkin kamu bergeser atau membuang muka ke arah berlawanan dari orang itu.

4. Gunakan Jaket dengan Penutup Kepala

Untuk menambah perlindungan, kamu bisa menggunakan pakaian tertutup seperti jaket bertudung saat berada di dalam transportasi umum.

5. Hindari Menyentuh Pintu atau Pegangan

cara mencegah covid-19
Gunakan tisu untuk melapisi pegangan/Foto: Pexels.com/Ketut Subiyakto

Virus Corona diketahui bisa menular melalui droplet yang tertinggal di permukaan benda mati, seperti pintu, pegangan, tiang, bangku, dan fasilitas publik lainnya. Jadi, pastikan kamu meminimalisir kontak tangan dengan benda-benda tersebut, ya.

Tips saat kamu butuh berpegangan saat di dalam kereta atau bus agar tidak terjatuh adalah melapisi pegangan dengan tisu. Jangan lupa, setelahnya buang tisu lalu bersihkan tanganmu.

6. Hindari Ngobrol, Makan/Minum & Main Ponsel

Kini Commuter Line dan Transjakarta telah menerapkan peraturan bahwa penumpang tidak boleh makan/minum dan berbicara secara langsung maupun melalui sambungan ponsel selama perjalanan.

Tujuan dari aturan itu supaya mengurangi kemungkinan droplet yang keluar dari mulut ketika makan, minum atau berbicara.

7. Cuci Tangan usai Turun dari Transportasi Umum

cara mencegah covid-19
Rajin cuci tangan dengan sabun/Foto: Pexels.com/Edward Jenner

Selalu jaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 20 detik, atau gunakan hand sanitizer mengandung 70% alkohol setelah naik transportasi umum.

Kamu mungkin tidak menyadari benda apa saja yang telah kita pegang selama perjalanan. Jadi, poin ini sangat wajib diterapkan.

8. Bersihkan Tas dan Barang Bawaan

Nah, setelah sampai di rumah, kamu sebaiknya langsung membersihkan diri dan ganti baju. Cara ini agar mencegah penularan virus Covid-19 dari pakaian yang berpotensi terbawa selama perjalanan.

Kemudian, perhatikan juga kebersihan tas, barang bawaan, dan ponsel setelah naik transportasi umum. Kamu bisa gunakan semprotan atau tisu disinfektan untuk membersihkan barang-barang tersebut supaya tetap steril.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id