STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Dokter Ungkap Alasan Tak Boleh Olahraga Berat usai Vaksin Booster

Tim Redaksi CNN Indonesia | Beautynesia
Kamis, 03 Feb 2022 13:00 WIB
Dokter Ungkap Alasan Tak Boleh Olahraga Berat usai Vaksin Booster

Apakah kamu sudah vaksin dosis ketiga alias booster? Vaksinasi booster belakangan terus digalakkan mengingat penyebaran Covid-19 varian Omicron. Setelah vaksin booster, sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak berolahraga berat. Kenapa? Berikut alasan tidak boleh olahraga berat usak vaksin booster.
Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto menjelaskan olahraga berat setelah vaksin dapat menurunkan imunitas tubuh.

"Olahraga berat akan menurunkan imunitas, kemampuan tubuh untuk membuat zat antibodi terhadap Covid-19 menjadi lebih buruk," kata Michael kepada CNNIndonesia.com, Rabu (2/2).

Hal ini bisa dijelaskan secara sederhana dengan kurva berbentuk 'centang' atau mirip huruf J. Olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang digambarkan pada bentuk kurva agak naik di sebelah kiri, lalu menurun. Berkaitan dengan imunitas tubuh, olahraga ringan hingga sedang akan baik untuk kesehatan dan mendukung pertahanan tubuh terhadap patogen.

Jika olahraga ditambah intensitasnya atau digambarkan dengan garis kurva yang naik, justru imunitas tubuh makin turun.

Lalu apakah boleh jika berolahraga sebelum melakukan vaksin booster? Untuk informasi selengkapnya kamu bisa cari tahu di sini. 

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE