STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Efek Samping Vaksin Moderna Terasa Lebih Kuat? Ini Penjelasan Dokter

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 21 Sep 2021 08:45 WIB
Efek Samping Vaksin Moderna Terasa Lebih Kuat? Ini Penjelasan Dokter

Vaksinasi diketahui memang bisa memberikan efek samping pada tubuh, mulai dari yang ringan hingga kuat. Terkait vaksin covid-19 itu sendiri, dikabarkan bahwa tiap jenis vaksin punya 'ciri khas' efek sampingnya masing-masing.

Mengutip detikHealth, tak sedikit orang yang mengeluhkan efek samping atau Kejadian Ikutan PascaImunisasi (KIPI) setelah mendapat vaksin Moderna.

Ilustrasi vaksin ModernaIlustrasi vaksin Moderna/ Foto: Rifkianto Nugroho

Efek Samping Moderna Memang Lumayan Terasa

Menanggapi hal itu, Juru bicara pemerintah untuk covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengakui bahwa efek samping vaksin Moderna memang lumayan terasa, Beauties. Beberapa keluhan yang dilaporkan antara lain bengkak dan kemerahan di area suntikan, demam, juga ngilu di tangan.

Lewat siaran Radio Kesehatan pada Senin (20/9), dr Reisa juga mengungkap KIPI biasanya akan berlangsung dalam waktu yang bervariasi. Bisa 7 hingga 10 pascavaksinasi. Tapi dirinya juga menambahkan, ada juga yang hanya berlangsung 20 jam.

Ratusan pelajar SMP N 1 Blora antusias mengikuti vaksinasi di sekolahnya. Mereka pun berharap agar bisa segera kembali menjalani pembelajaran tatap muka.Ratusan pelajar SMP N 1 Blora antusias mengikuti vaksinasi di sekolahnya. Mereka pun berharap agar bisa segera kembali menjalani pembelajaran tatap muka./ Foto: Febrian Chandra

Cara Mengatasinya

dr Reisa kemudian menyarankan sebaiknya kamu segera hubungi dokter penanggung jawab yang biasanya tertera di kartu vaksinasi, Beauties. Kamu pun bisa secara leluasa mengkonsultasikan KIPI yang dirasakan.

"Misal terjadi demam akan disarankan mengkonsumsi obat penurun demam atau obat nyeri. Jika ada bengkak dan harus dikompres, nanti akan diberitahu cara mengkompresnya seperti apa. Kalau ada keluhan-keluhan lain bisa juga dilaporkan," jelas dr Reisa.

Tapi, kalo dirasa ada keluhan yang berat segera datang ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat untuk mendapatkan terapi tambahan. Jadi tidak perlu khawatir, KIPI yang sekarang sebenarnya masih bisa diantisipasi," pungkasnya.

Vaksin Moderna itu sendiri dikenal memang punya efek samping yang kuat, namun juga mengikuti efisikasi atau tingkat kemanjuran vaksin. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun dalam penelitiannya, menemui bahwa efektivitas Moderna sebanyak 93 persen.

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE