sign up SIGN UP

Eksistensi Minyak Kayu Putih Meningkat Selama Pandemi, Ternyata Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!

Shania Danetta Yokhebed Harefa | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 22:30 WIB
Eksistensi Minyak Kayu Putih Meningkat Selama Pandemi, Ternyata Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!
caption

Selama ini kita mengenal minyak kayu putih sebagai obat oles untuk meringankan gejala masuk angin, perut kembung, dan gatal karena gigitan serangga. Namun, di awal-awal masa pandemi marak beredar info yang menyebutkan bahwa minyak kayu putih bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penderita Covid-19.

Hmm, benarkah klaim itu? Sebelumnya, mari kita cari tahu dulu asal-usul dari minyak kayu putih.

Asal Usul Minyak Kayu Putih

manfaat minyak kayu putih untuk mengobati covid-19
Pohon cajuput atau kayu putih/Foto: Freepik.com/jakasuryanta

Dikutip dari Healthline, minyak kayu putih dibuat berasal dari hasil sulingan daun dan cabang pohon kayu putih. Minyak kayu putih yang memiliki nama latin Melaleuca leucadendra juga dikenal dengan sebutan minyak cajuput. Pohon ini tumbuh subur di daerah tropis di Australia dan Asia Tenggara. 

Minyak cajuput mengandung senyawa cineole, linalool, dan terpineol yang mampu memberikan sensasi hangat ketika dioleskan pada kulit.

Mengutip WebMD, minyak kayu putih atau cajuput telah teruji mempunyai sifat antiseptik, analgesik, antiinflamasi, dan antibakteri. Tak heran, orang-orang umumnya menggunakan minyak ini untuk melegakan pilek dan hidung tersumbat, flu, sinusitis, batuk, dan sakit kepala, mengobati nyeri dan infeksi kulit ringan, serta meringankan kecemasan dan stres.

Minyak Kayu Putih dan Minyak Eukaliptus, Samakah?

manfaat minyak kayu putih untuk mengobati covid-19
Daun pohon kayu putih (kiri) dan eukaliptus (kanan)/Foto: Freepik.com/jakasuryanta/bowonpat

Minyak eukaliptus atau eucalyptus oil dikenal sebagai minyak esensial yang berasal dari pohon eukaliptus. Pohon asli benua Australia ini daunnya menjadi makanan koala.

Sedangkan, minyak kayu putih atau cajuput diperoleh dari pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra) yang banyak tumbuh di Indonesia bagian timur dan Australia.

Jadi, minyak kayu putih dan minyak eukaliptus tidaklah sama lantaran berasal dari dua pohon yang berbeda. Keduanya memang seringkali disamakan karena memiliki aroma kuat yang mirip dan biasanya digunakan secara topikal sebagai antiseptik dan pereda nyeri.

Kegunaan Minyak Kayu Putih Esensial untuk Pengobatan Covid-19

manfaat minyak kayu putih untuk mengobati covid.19
Minyak esensial kayu putih bisa dijadikan alternatif pengobatan covid-19/Foto: Freepik.com/benzoix

Sebelumnya, biar nggak keliru, perlu ditekankan di sini. Minyak kayu putih/cajuput esensial berbeda ya, dengan produk minyak kayu putih biasa yang dijual di pasaran. Minyak esensial tentu memiliki konsistensi lebih kuat, sehingga dijual dalam botol mini dan fungsinya untuk aromaterapi.

Para peneliti tertarik mempelajari sifat antiseptik dan antiinflamasi yang terkandung dalam minyak esensial kayu putih untuk membantu mencegah Covid-19.

Hasil studi pada jurnal Chemistry Select tahun 2020 melaporkan bahwa minyak esensial alami dari cajuput atau kayu putih mengandung senyawa terpineol, guaiol, dan linalool yang dapat menghambat penyebaran virus penyebab flu, pneumonia hingga Covid-19.

Namun, masih diperlukan penelitian tambahan tentang cara penggunaannya dan bagaimana efek potensial di berbagai kelompok usia dan demografi.

Efek Samping Minyak Kayu Putih Esensial

manfaat minyak kayu putih untuk mengobati covid.19
Minyak esensial kayu putih untuk aromaterapi/Foto: Freepik.com/pvproduction

Meski dianggap alami, minyak kayu putih esensial tetap bisa menimbulkan gejala efek samping seperti halnya minyak esensial jenis lain, termasuk ruam kulit, kemerahan, sensasi terbakar, dan gatal-gatal.

Mengutip Healthline, bila kamu ingin menggunakan minyak kayu putih esensial sebagai aroma terapi, kamu wajib mengencerkan kayu putih dengan minyak pembawa terlebih dahulu. Minyak esensial ini sangatlah kuat, sehingga berpotensi membawa masalah pernapasan bila dihirup langsung.

Selain itu, minyak cajuput esensial tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, anak-anak, hewan peliharaan, serta orang yang sedang mengonsumsi obat tertentu.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id