sign up SIGN UP

Fresh Oyster Mendadak Viral! Sebelum Mencoba, Ini Ciri-cirinya Jika Masih Segar dan Layak Konsumsi

Phanie Fauziah | Beautynesia
Sabtu, 20 Nov 2021 11:00 WIB
Fresh Oyster Mendadak Viral! Sebelum Mencoba, Ini Ciri-cirinya Jika Masih Segar dan Layak Konsumsi
caption

Fresh oyster baru-baru ini memang sedang ramai diperbincangkan. Oyster merupakan tiram yang bisa dikonsumsi mentah tanpa harus kita masak terlebih dahulu.

Eits, tapi jangan salah ya Beauties, oyster yang hendak kita santap harus dalam keadaan segar yang belum disimpan lama. Jika kita mengonsumsinya tidak segar, maka akan berbahaya bagi kesehatan.

Ciri Fresh Oyster yang Masih Segar

Ciri Fresh Oyster
Ciri Fresh Oyster yang Masih Segar/Pexels/Lachlan Ross

Umumnya, fresh oyster disajikan bersama cangkangnya di atas serpihan es batu dalam keadaan masih hidup yang kemudian dilengkapi dengan potongan lemon. Santapan fresh oyster ini sebenarnya menimbulkan beberapa perdebatan, karena tiram yang mentah mengandung bakteri yang berbahaya jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Berbagai masalah kesehatan mengintai, mulai dari demam, diare, muntah, menggigil, dan masalah kesehatan lainnya.

Nah, agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan bahaya lainnya yang mengintai. Berikut ini ciri fresh oyster yang perlu kita ketahui.

1. Oyster Harus dalam Keadaan Hidup

Oyster Hidup
Oyster Dalam Keadaan Hidup/Pexels/cottonbro

Fresh oyster yang baik memang harus kita santap dalam keadaan hidup. Jangan khawatir tiram merasa sakit saat dimakan oleh kita saat masih dalam keadaan hidup, hal ini dikarenakan tiram tidak memiliki sistem saraf pusat sehingga tidak merasakan sakit seperti hewan lainnya. 

2. Fresh Oyster Tahan 3-5 Hari

Fresh Oyster Tahan 3-5 Hari
Fresh Oyster Tahan 3-5 Hari/Pexels/Elle Hughes

Fresh oyster atau tiram segar hanya tahan dan tetap hidup tiga sampai lima hari di lemari es. Sebelum disantap kita hanya perlu mencucinya dengan air mengalir dan sajikan di atas serpihan es batu dan lengkapi dengan potongan lemon.

3. Perhatikan Kondisi Oyster

Kondisi Oyster
Perhatikan Kondisi Oyster/Pexels/Taryn Elliot

Oyster yang segar memiliki cangkang yang masih tertutup rapat, tidak memiliki lendir, tidak berbau busuk, saat oyster sudah dilepaskan dari cangkangnya maka akan terasa kenyal.

Nah, Beauties jika ingin menyantap fresh oyster perhatikan tiga ciri di atas ya. Jangan sampai salah dalam memilihnya agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan apalagi menjadi racun.

Jika kita memiliki oyster yang tersisa dan sudah dalam kondisi mati, maka kita bisa menyimpannya kembali di lemari es untuk kemudian diolah. Selamat mencoba ya, Beauties.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id