STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Harga Minyak Goreng Naik? 4 Teknik Memasak Ini Bisa Diterapkan agar Lebih Hemat dan Sehat

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 20 Nov 2021 20:30 WIB
Harga Minyak Goreng Naik? 4 Teknik Memasak Ini Bisa Diterapkan agar Lebih Hemat dan Sehat

Akhir-akhir ini mungkin kamu sedang dipusingkan dengan naiknya harga minyak goreng yang lebih mahal dari biasanya. Alhasil kamu harus berhemat ketika akan memasak atau menggoreng makanan. Padahal biasanya kamu menuangkan banyak minyak untuk membuat gorengan yang lezat.

Nah, meski kamu harus menghemat penggunaan minyak, kamu tetap bisa menyajikan makanan enak dengan teknik berikut ini, Beauties.

Teknik Menggoreng dengan Air Fryer

Penggunaan air fryer
Penggunaan air fryer/ Foto: instagram.com/@airfryeraddicts

Air fryer adalah alat yang digunakan untuk menggoreng tanpa minyak. Menggoreng makanan menggunakan alat ini selain bisa menghemat penggunaan minyak juga membuat makanan lebih sehat, lho. Alat ini dioperasikan menggunakan energi listrik sehingga lebih cepat matang dan menghemat penggunaan gas elpiji.

Selain itu, air fryer tidak hanya digunakan untuk menggoreng makanan, namun juga bisa digunakan untuk memanggang makanan. Wah, multifungsi banget ya, Beauties.

Teknik Memanggang

Olahan makanan panggang
Olahan makanan panggang/ Foto: freepik.com/Racool_studio

Ingin makanan bebas minyak agar lebih hemat dan sehat? Kamu bisa pakai teknik memanggang makanan menggunakan oven. Oven memiliki kapasitas yang lebih banyak dibandingkan jika memanggang makanan menggunakan air fryer.

Ditambah lagi mengutip The Health Site, makanan yang dipanggang memiliki kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan makanan yang digoreng, sehingga lebih menyehatkan. Tapi pastikan tidak sampai gosong ya, Beauties.

Teknik Menumis

Teknik menumis makanan
Teknik menumis makanan/ Foto: freepik.com/valeria_aksakova

Daripada menggoreng makanan yang menghabiskan banyak minyak, ada baiknya kamu menumis makanan dengan sedikit minyak. Lebih sehat lagi jika kamu menggunakan minyak zaitun untuk menumis masakan. 

Mengolah makanan dengan teknik menumis juga memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya kandungan nutrisi serta vitamin dan antioksidan dalam bahan makanan tidak banyak berkurang ketika ditumis, sehingga kamu bisa menikmati makanan yang lebih sehat.

Teknik Mengukus

Makanan yang dikukus
Makanan yang dikukus/ Foto: freepik.com/dashu83

Mengukus makanan disebut sebagai teknik memasak yang paling cocok untuk mempertahankan nutrisi dalam bahan makanan lho, Beauties. Wah, kok bisa?

Ya, selain menghindarkanmu dari minyak, teknik mengukus bisa mempertahankan rasa asli makanan termasuk kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Bahkan melansir dari Crave Magazine, teknik mengukus makanan lebih baik dalam mempertahankan antioksidan seperti flavonoid, antosianin, dan glukosinolat3 dibandingkan dengan teknik merebus makanan.

Nah Beauties, sekarang kamu lebih terinspirasi untuk mempraktikkan berbagai teknik memasak bahan makanan tanpa harus menggunakan banyak minyak bukan? Tidak hanya lebih hemat, namun juga lebih sehat. Selamat mencoba!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE