sign up SIGN UP

Harus Waspada! Bukan Kelelahan, Ternyata Ini 6 Penyebab Tidur Berlebihan

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 23:00 WIB
Harus Waspada! Bukan Kelelahan, Ternyata Ini 6 Penyebab Tidur Berlebihan
caption
Jakarta -

Tidur menjadi salah satu kegiatan mengistirahatkan badan dan mendapatkan energi setelah beraktivitas. Waktu tidur yang baik untuk anak-anak pada umumnya sekitar 9-13 jam. Sementara, untuk remaja hingga dewasa umumnya sekitar 7-10 jam.

Meskipun waktu tidur sudah memiliki ketentuannya masing-masing yang sesuai dengan usia, namun ada beberapa orang yang waktu tidurnya di atas rata-rata atau berlebihan. Kondisi dengan waktu tidur berlebihan ini bisa terjadi jika tubuh sedang kelelahan atau sedang dalam keadaan kurang fit.

Ilustrasi perempuan yang tidur berlebihan
Ilustrasi perempuan yang tidur berlebihan/Foto: Pexels/Ketut Subiyanto

Orang yang tidur berlebihan secara konsisten dalam jangka waktu yang lama menandakan bahwa orang tersebut sedang mengalami gangguan tidur atau gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan apakah tidurmu yang berlebihan itu murni karena kelelahan atau karena adanya gangguan kesehatan.

Nah, kira-kira gangguan tidur atau gangguan kesehatan seperti apa ya selain dari faktor kelelahan yang bisa menyebabkan tidur menjadi berlebihan? Berikut gangguan tidur atau gangguan kesehatan  yang menjadi penyebab dari tidur berlebihan. Yuk, simak!

Apa Itu Tidur Berlebihan?

Ilustrasi perempuan yang tidur berlebihan
Ilustrasi perempuan yang tidur berlebihan/Foto: Pexels/Anna Tarazevich

Tidur berlebihan disebut hipersomnia atau yang bisa disebut juga dengan istilah "tidur lama". Kondisi ini mempengaruhi sekitar 2 persen orang. Biasanya, orang hipersomnia memerlukan waktu tidur sebanyak 10 hingga 12 jam per malamnya, sebagaimana yang dilansir dari Healthline.

Hipersomnia umumnya dimulai pada masa kanak-kanak. Jika tubuhmu tidak selalu merasa lelah seperti sekarang, mungkin ada hal lain yang terjadi. Salah satu faktor yang sering dikaitkan dengan kondisi tidur berlebihan adalah karena adanya masalah kesehatan.

Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Tidur Berlebihan

Ilustrasi perempuan yang tidur berlebihan
Ilustrasi perempuan yang tidur berlebihan/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Melansir dari Web MD, ada sejumlah masalah kesehatan yang dapat menyebabkan tidur berlebihan. Berikut masalah kesehatannya:

Apnea Tidur Obstruktif

Apnea tidur obstruktif adalah gangguan yang menyebabkan orang berhenti bernapas sejenak saat tidur. Gangguan ini juga dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan tidur. 

Diabetes

Ilustrasi diabetes
Ilustrasi diabetes/Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur terlalu lama atau tidak cukup setiap malam dapat meningkatkan risiko diabetes. 

Obesitas

Sebuah studi menunjukkan bahwa 21 persen orang yang tidur selama 9 atau 10 jam setiap malam akan lebih mungkin untuk menjadi gemuk selama periode enam tahun, dibandingkan orang yang tidur antara tujuh dan delapan jam.

Sakit Kepala

Ilustrasi perempuan sedang sakit kepala
Ilustrasi perempuan sedang sakit kepala/Foto: Pexels/Ivan Samkov

Para peneliti percaya efek tidur berlebihan pada neurotransmiter tertentu di otak, termasuk serotonin, dapat mengakibatkan sakit kepala. Orang yang tidur terlalu banyak di siang hari dan mengganggu tidur malam akan mengalami sakit kepala di pagi hari.

Depresi

Meskipun insomnia lebih sering dikaitkan dengan depresi daripada tidur berlebihan, namun sekitar 15 persen orang dengan depresi akan mengalami tidur yang berlebihan. 

Penyakit Jantung

Ilustrasi perempuan yang sedang sakit jantung
Ilustrasi perempuan yang sedang sakit jantung/Foto: Freepik/Jcomp

Sebuah penelitian menunjukkan 38 persen perempuan yang tidur selama 9 hingga 11 jam per malam akan lebih mungkin mengalami penyakit jantung koroner daripada perempuan yang tidur selama 8 jam.

Nah, Beauties, itulah tadi penyebab tidur berlebihan yang bukan dari faktor kelelahan. Jika kamu sering mengalami tidur berlebihan tanpa sebab, cobalah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id