sign up SIGN UP

Hati-Hati, Kamu Bisa Migrain Jika Konsumsi Minuman Berkafein Sebanyak Ini

Fauziana Hilda | Beautynesia
Selasa, 13 Aug 2019 10:00 WIB
Hati-Hati, Kamu Bisa Migrain Jika Konsumsi Minuman Berkafein Sebanyak Ini
caption
Kamu pecinta minuman berkafein? Sudah tahu bahaya yang muncul setelah mengkonsumsi minuman berkafein terlalu banyak? Yuk, ketahui penjelasan dan informasi lengkapnya di artikel ini!

Mengkonsumsi minuman berkafein memang tidak ada salahnya, namun kamu harus tetap bijak dalam mengkonsumsinya, Ladies. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah migrain. Jika kamu pernah mengalami migrain setelah mengonsumsi minuman berkafein, itu pertanda kamu harus coba mengubah kebiasaanmu. Yuk, cari tahu pengaruh konsumsi minuman berkafein terhadap kondisi migrain di bawah ini!


Penyebab migrain


 
source:https://www.biomag-medical.com/migraine/

Ladies, seperti sempat disebut sebelumnya, mengonsumsi minuman berkafein dapat memunculkan sakit kepala atau migrain. Migrain sendiri merupakan bentuk gangguan sakit kepala primer. Istilah "primer'' ini  sendiri mengacu pada fakta bahwa penyebab yang mendasarinya tidak jelas.

Selain minuman berkafein, migrain memang bisa muncul karena faktor lain. Misalnya, pola cuaca, pola tidur, stres, hormon, obat-obatan, olahraga, hingga diet. Namun kafein masih memegang peranan penting sebagai faktor utama pemicu terjadinya migrain, sehingga kamu perlu mengetahui batasan konsumsi minuman berkafein agar tak memicu migrain.


Batas konsumsi minuman berkafein


source:https://employees.usc.edu/top-notch-trojan-coffee/


Seorang ilmuan Elizabeth Mostofsky dari Departemen Epidemiologi di Havard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan di Boston telah mengadakan penelitian mengenai pemicu migrain pada orang yang mengonsumsi kafein sebanyak satu, dua, hingga tiga gelas di hari yang sama.

Hasilnya, secara statistik satu atau dua minuman berkafein per hari tidak dikaitkan dengan kemungkinan menderita migrain. Namun mengonsumsi tiga porsi atau lebih dikaitkan dengan risiko sakit kepala yang lebih tinggi baik pada hari itu maupun keesokan harinya.



Tak hanya membawa dampak buruk resiko migran, terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein juga sangat tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi kafein dapat membuat otak terjaga, sehingga akan membuat seseorang akan sulit tidur.

Yang lebih berbahaya, mengkonsumsi kafein lebih dari 500 ml setiap hari dapat menyebabkan keracunan kafein, resiko gangguan pencernaan, meningkatkan tekanan darah. Kafein yang melebihi batas normal akan meningkatkan pembulu darah arteri mengkerut yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Tekanan darah meninggi biasanya menyebabkan sakit kepala, pengelihatan buram, mual, detak jantung tidak beraturan, sulit bernafas dan kelelahan. Yang lebih buruknya dapat memicu gejala store, penyakit jantung dan masalah ginjal.

Jadi Ladies, mengkonsumsi terlalu banyak kafein tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk kamu yang sedang mengalami migrain atau sakit kepala. Pastikan untuk selalu mengurangin minuman yang mengandung kafein dan pilihlah minuman yang baik untuk kesehatan seperti air putih atau jus buah-buahan yang baik untuk tubuh. Jangan lupa selalu istirahat yang cukup agar kesehatan tubuh selalu terjaga, ya!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id