sign up SIGN UP

Hempas Bobot 21 Kg! Inilah Cerita Pengalaman Diet Turunkan Berat Badan dalam Waktu Itungan Bulan

Rini Apriliani | Beautynesia
Senin, 03 Jan 2022 07:12 WIB
Hempas Bobot 21 Kg! Inilah Cerita Pengalaman Diet Turunkan Berat Badan dalam Waktu Itungan Bulan
Jakarta -

Memiliki bentuk tubuh ideal menjadi salah satu harapan banyak orang. Terkadang banyak cara dilakukan demi mencapai keinginannya tersebut. Tak serta merta tubuh indah semata, tapi dari mereka juga banyak yang memilih menurunkan berat badan karena alasan kesehatan.

Beauties, inilah cerita pengalaman diet, menurunkan berat badan sampai 21 kilogram dalam 4 bulan yang dilakukan oleh Rini Apriliani, Tim Beautynesia. Simak selengkapnya di sini ya!

Tujuan Awal Mula Ingin Diet

Segelas teh bunga telang ampuh turunkan berat badanCerita Pengalaman Diet Rini Apriliani/ Foto: Pexels.com

Dari apa yang dilakukan, setiap orang tentu memiliki tujuan. Tujuan awal saya ingin diet adalah karena alasan kesehatan. Saya mengalami gangguan hormon dimana sebagai perempuan yang harusnya setiap bulan langganan dengan menstruasi, justru dalam waktu kurang lebih empat bulan saya tidak merasakannya.

Kepanikan inilah yang membawa saya untuk datang ke ahlinya. Pertama, saya mendatangi salah satu dokter umum di dekat kediaman saya.

"Jika belum umur 24, menstruasi tidak lancar, tidak masalah. Nanti bisa kembali kunjungan jika di umur 24 masih mengalami gangguan yang sama," ujar dokter umum yang saya temui di tahun 2020.

Tak puas rasanya dengan jawaban tersebut. Berkat kemudahan digital, saya pun mencoba berkonsultasi dengan salah satu platform yang menyediakan layanan konsultasi online.

Kesimpulan dari konsultasi tersebut, Dr SpOG menyampaikan jika berat badan memiliki pengaruh pada gangguan hormon. Dari konsultasi yang berlansung selama kurang lebih 30 menit ini, saya disarankan untuk merubah lifestyle saya. Termasuk menurunkan berat badan.

Cara Memulai Diet untuk Pemula

Pahami dahulu jenis-jenis diet vegetarian yang ada.Cerita Pengalaman Diet Rini Apriliani/ Foto: Freepik.com/lookstudio

Tak ingin berlama-lama dan membuang waktu, saya pun esoknya langsung menyusun berbagai rencana demi hal ini. Mulai dari jalan santai setiap pagi, mengubah pola makan menjadi lebih sehat, seperti mengurangi minyak, gula, garam, dan menurunkan porsi makan. 

Selain itu, saya pun mendatangi tempat kebugaran, gym untuk pertama kalinya. Saya mendaftar kelas untuk program fat loss. Selama seminggu menjalankan gaya hidup baru ini, perubahan begitu terasa. Salah satu yang memang saya inginkan adalah menstruasi.

Tepat di hari keenam pun akhirnya saya menstruasi setelah 4 bulanan tidak menstruasi. Tak hanya itu saja, selama seminggu itu pun, saya turun berat badan sampai 3 kilogram.

Tantangan Menjalankan Diet

Cerita Pengalaman Diet Rini Apriliani, BeautynesiaPengalaman Diet Rini Apriliani, (Kanan Jan 2020 - Des 2020 - Kiri Des 2021)/ Foto: Dok. Rini Apriliani

Terdengar mudah dan sangat gampang, nyatanya diet sangatlah sulit. Menurut saya, kesulitan diet adalah konsisten. 

Bagaimana kita bisa bertahan dengan gaya hidup baru, membuat semuanya tetap terasa menyenangkan dan tidak berubah adalah hal yang cukup sulit untuk saya. Bukan di olahraga yang membuat saya sulit untuk konsisten, tapi di pola makan. 

Terbiasa makan makanan yang kurang sehat, seperti terlalu berminyak, sangat pedas, tidak bernutrisi, dan sebagainya. Tiba-tiba saya merubah pola makan yang lebih sehat. Tak mudah, tapi ternyata bisa, dan justru jadi biasa. 

Oh ya... salah satu yang menjadi tantangan besar juga saat diet adalah berat badan stuck atau saat tiba-tiba mendadak bobot tubuh naik kembali. Duh! Saat kamu mengalami ini, sabar saja dan tetap lakukan olahraga sampai menjaga pola makan. Jangan langsung menyerah ya, karena hal ini sangat wajar sekali terjadi kok!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id