STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ingat! Ini Pentingnya Sayur dalam Asupan Menu Dietmu

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Kamis, 11 Mar 2021 09:30 WIB
Ingat! Ini Pentingnya Sayur dalam Asupan Menu Dietmu

Belakangan ini warganet dihebohkan dengan buku diet yang ditulis oleh salah satu artis tanah air, Tya Ariesta. Dalam buku tersebut, ia menuliskan cerita pengalaman dietnya hingga ia berhasil menurunkan berat badan hingga puluhan kilo. Tentu ini menjadi hal yang sangat menarik, apalagi bagi mereka yang memang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Banyak yang menganggap bahwa pola diet personal yang disebarluaskan bisa menjadi berbahaya bagi banyak orang.
Diet kontroversial/ Sumber: Freepik.com

Akan tetapi, pro dan kontra muncul saat banyak orang mengkritik pola diet Tya Ariesta yang dianggap terlalu personal dan tidak bisa dibagikan ke semua orang. Banyak yang menganggap bahwa pola diet personal yang disebarluaskan bisa menjadi berbahaya bagi banyak orang. Salah satu poin yang paling kontroversial adalah tidak mengonsumsi sayur.

Lalu, apa sebenarnya pentingnya sayur dalam diet seseorang? Apakah akan berbahaya jika seseorang berhenti makan sayur?

Nah, kritik dari warganet ternyata memang ada alasannya, lho! Sayuran memang merupakan asupan yang sangat penting bagi tubuh. Ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan memberikan variasi warna dalam menu diet kamu.

Secara keseluruhan, sayuran cenderung rendah lemak, gula dan energi. Menariknya lagi beberapa sayuran, seperti kacang polong ternyata juga tinggi serat dan protein. Berikut ini adalah ulasan mengenai pentingnya sayur dalam asupan diet kita. Yuk, simak!

Protein adalah nutrisi yang sangat penting, dan sayuran tertentu dapat menjadi sumber protein yang sangat baik bagi orang-orang yang menjalani diet kalori serta diet vegetarian dan vegan.
Sayuran kaya protein/ Sumber: Freepik.com

Sayuran kaya protein

Protein adalah nutrisi yang sangat penting, dan sayuran tertentu dapat menjadi sumber protein yang sangat baik bagi orang-orang yang menjalani diet kalori serta diet vegetarian dan vegan. Berapa banyak protein yang kita butuhkan bervariasi tergantung pada individu. Ini dipengaruhi oleh kebutuhan tergantung pada faktor-faktor lain, seperti berat badan.

Protein juga sangat penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan pemeliharaan tubuh. Nah, sayuran ini harusnya jadi andalan kamu untuk asupan protein yang rendah kalori.

Sayuran juga mengandung beragam vitamin dan mineral, ini biasanya ditandai dengan ragam warna yang ada dalam berbagai variasi sayur-sayuran.
Sayuran kaya vitamin dan mineral/ Sumber: Freepik.com

Sayuran memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Sayuran juga mengandung beragam vitamin dan mineral, ini biasanya ditandai dengan ragam warna yang ada dalam berbagai variasi sayur-sayuran. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi kamu untuk makan berbagai macam sayuran yang berbeda. Lebih banyak variasi dan warna berarti kamu mengkonsumsi pilihan yang lebih luas untuk asupan vitamin dan mineral yang berbeda.

Contohnya, kacang polong dan kacang kedelai mengandung nutrisi termasuk vitamin C, folat dan tiamin (vitamin B1). Di sisi lain , brokoli mengandung nutrisi termasuk vitamin C dan folat.

Tak hanya itu, besi dan kalsium adalah mineral utama yang ditemukan di beberapa sayuran, dan itu mempunyai peran yang sangat penting dalam tubuh. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang sehat. Ini juga bekerja untuk fungsi otot normal.

Bahkan, zat besi juga terlibat dalam fungsi otak kognitif, imunitas, transportasi oksigen sel darah merah normal, dan pengurangan kelelahan dan kelelahan. Asupan zat besi yang cukup penting untuk remaja perempuan dan wanita pra-menopause untuk mencegah perkembangan anemia defisiensi besi. 

Sayuran tinggi akan serat

Tidak seperti protein, serat adalah sesuatu yang kita semua harus makan lebih banyak. Serat yang ditemukan dalam sayuran cenderung tidak larut. Inilah bahan yang akan membantu tubuh kamu mencerna makanan dan mengoptimalkan pencernaan. Tentu diet untuk menurunkan berat badan harus diikuti dengan pola makan dan pilihan menu yang sehat agar hasilnya bisa lebih optimal.

Jadi, jangan sampai kamu melewatkan sayuran dalam diet harian kamu. Sebagian orang mungkin memiliki panduan diet personal yang memang sudah dirancang oleh ahli gizi. Jika kamu merasa membutuhkannya, mungkin konsultasi dengan ahli gizi akan sangat membantu.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE