sign up SIGN UP

Jangan Anggap Sepele, Ini 4 Dampak Serius Begadang Bagi Kesehatan Perempuan

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 07:30 WIB
Jangan Anggap Sepele, Ini 4 Dampak Serius Begadang Bagi Kesehatan Perempuan
caption

Begadang kini menjadi kebiasaan banyak orang bahkan menjadi rutinitas, termasuk perempuan. Bahkan, dilansir dari Medical News Today, menurut sebuah penelitian tahun 2020, 58 persen perempuan cenderung lebih mungkin begadang daripada pria. 

Perempuan yang begadang akibat insomnia salah satunya disebabkan oleh faktor hormon. Melansir dari Medical News Today, dua hormon utama perempuan yakni estrogen dan progesteron, berperan penting dalam mempengaruhi pola tidur. Keduanya berperan dalam  mengatur gelombang otak dan siklus tidur-bangun.

Beauties, buat kamu yang terbiasa begadang, ada baiknya kini kamu mulai mengetahui dampak serius akibat begadang yang tak boleh lagi disepelekan. Sebab, perempuan yang hobi atau terbiasa begadang akan lebih berisiko. Lalu, apa saja dampak serius dari begadang bagi perempuan? Berikut jawabannya yang dilansir dari Web MD. Yuk, simak!

Hipertensi 

Begadang dapat menyebabkan perempuan mengalami hipertensi
Hipertensi/Foto: Freepik.com

Hipertensi merupakan kondisi kesehatan di mana tekanan darah mengalami peningkatan. Melansir dari detikHealth, hipertensi ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri.

Perempuan yang terbiasa begadang memiliki kadar protein C-reaktif yang lebih tinggi daripada pria dan berbagai tanda lainnya yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seperti yang diketahui, seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi dapat berisiko menimbulkan penyakit lainnya yang juga mengkhawatirkan, seperti penyakit jantung, stroke, hingga kematian.

Diabetes Tipe 2

Begadang dapat berisiko mengalami diabetes tipe 2
Diabetes/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan orang di Indonesia, termasuk perempuan. Sebab, dilansir dari detikHealth, diabetes dapat menyebabkan komplikasi beberapa penyakit lainnya, seperti ginjal, jantung, mata, kaki, hingga organ seksual.

Buat kamu yang masih memiliki kebiasaan begadang, risiko mengalami diabetes perlu kamu pertimbangkan. Tubuh yang tak cukup tidur dapat mengganggu toleransi glukosa pada tubuh dan menyebabkan perempuan berisiko mengalami diabetes tipe 2. Kondisi ini menyebabkan tubuh penderitanya tidak dapat merespon insulin secara normal.

Menurut studi yang dilakukan oleh Edward Suarez, PhD seorang profesor pada departemen psikiatri dari Duke University Medical Center, menunjukkan bahwa perempuan yang kurang tidur cenderung memiliki kadar insulin dan gula darah yang lebih tinggi dibandingkan pria.

Obesitas

Begadang dapat menyebabkan perempuan mengalami obesitas
Obesitas/Foto: Freepik.com/Jcomp

Beauties, jika kamu menginginkan tubuh sehat, ideal dan ramping, kebiasaan begadang yang sering kamu lakukan akan menggagalkan semua impianmu. Begadang dapat membuat kamu mengalami obesitas. Begadang dapat mengakibatkan menurunnya metabolisme tubuh dan nafsu makan menjadi meningkat.

Dilansir dari detikHealth, orang dewasa yang memiliki durasi tidur yang pendek, meningkatkan kemungkinan mengalami obesitas sebesar 55 persen. Menurut studi dari Duke University Medical Center, perempuan yang kurang tidur cenderung mengalami kenaikan berat badan dibandingkan pria. Sehingga obesitas juga dapat merusak pola hidup sehat yang dimiliki perempuan sebelumnya, misalnya seperti menjadi malas untuk olahraga.

Depresi

Begadang dapat berisiko pada masalah depresi
Depresi/Foto: Pexels.com/pavel-danilyuk

Tak hanya berdampak pada masalah kesehatan tubuh, begadang juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mental, seperti depresi. Menurut sebuah penelitian, hal ini berkaitan dengan perasaan marah, permusuhan, dan depresi yang lebih besar pada perempuan dengan gangguan tidur.

Hal ini pun diperkuat dari penjelasan yang dilansir dari Sleep Foundation, diperkirakan 40 persen orang dengan masalah insomnia yang membuatnya memiliki kebiasaan begadang mengalami gangguan kesehatan jiwa. Tak hanya itu, insomnia yang kerap kali jadi penyebab perempuan begadang dapat memperburuk gangguan kecemasan hingga berisiko mengakhiri hidup pada orang yang mengalami depresi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id