sign up SIGN UP

Jangan Asal Pakai, Ini Ciri-ciri Obat Pelangsing Berbahaya yang Nggak Layak Kamu Coba!

Risma Oktaviani | Beautynesia
Minggu, 31 Oct 2021 18:30 WIB
Jangan Asal Pakai, Ini Ciri-ciri Obat Pelangsing Berbahaya yang Nggak Layak Kamu Coba!
caption

Pada dasarnya, kunci utama dari mengurangi berat badan adalah dengan mengatur pola makan yang sehat dan gizi seimbang, dibarengi juga dengan aktivitas fisik untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain karena alasan penampilan, menurunkan berat badan berlebih dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit seperti diabetes, darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung, kanker, dan resiko penyakit lainnya.

Namun, menurunkan berat badan ternyata nggak semudah yang dibayangkan. Segala macam cara pun dilakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi obat diet. Sayangnya, nggak sedikit orang memilih mengonsumsi obat diet tanpa mengetahui apakah obat pelangsing berbahaya bagi kesehatan dan apa saja efek samping yang akan ditimbulkan. 

Berikut adalah ciri-ciri obat pelangsing berbahaya yang harus kamu hindari, Beauties!

Harga Murah yang Nggak Masuk Akal

harga kelewat murah
harga kelewat murah / freepik.com / xb100

Menemukan obat diet dengan iming-iming khasiat yang luar biasa dengan harga yang sangat murah pastinya akan membuat beberapa orang tergiur untuk membelinya. Namun, jika kamu menemukan harga jual yang sangat murah dan nggak wajar, kamu harus waspada.

Kamu harus ingat bahwa ada harga ada kualitas. Murahnya harga obat diet tersebut kemungkinan karena itu adalah produk ilegal, atau bahkan cara produksi dan kandungannya yang asal-asalan.

Mengandung Bahan Kimia Phenolphthalein dan Sibutramine

kandungan berbahaya
kandungan berbahaya / freepik.com / mdjaff

Jika kamu menemukan produk pelangsing dengan kedua kandungan tersebut, urungkan niat kamu untuk membeli. Kedua bahan kimia tersebut memiliki risiko mengganggu kesehatan tubuh. Bila dikonsumsi secara berkelanjutan dapat menyebabkan sejumlah efek samping seperti pusing, dehidrasi, tubuh lemas, dan beberapa gejala lainnya.

Nggak Mencantumkan Komposisi dengan Jelas

komposisi gak jelas
komposisi gak jelas / freepik.com / xb100

Kandungan yang terdapat dalam obat diet seharusnya dijabarkan secara rinci pada kemasan. Jika tidak ada, kamu harus waspada dan mencurigainya. Selain jenis kandungannya, obat pelangsing yang baik juga seharusnya menyebutkan berapa banyak kandungan setiap bahan yang digunakan, waktu produksi, dan tanggal kadaluarsa.

Nggak Memiliki Izin Edar dari BPOM

tidak memiliki izin edar
tidak memiliki izin edar / freepik.com / teksomolika

Seperti yang kita tahu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah badan yang berwenang untuk mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. BPOM akan menulis nomor registrasi pada kemasan obat tersebut untuk menandakan bahwa obat tersebut sudah teruji klinis sehingga aman untuk dikonsumsi.

Jika kamu nggak menemukannya di obat diet yang kamu temui, sebaiknya kamu hindari. Meskipun begitu, banyak produsen obat yang menempelkan nomor izin palsu. Sehingga kamu harus tetap waspada dan memastikannya di website BPOM.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id