sign up SIGN UP

Jangan Dianggap Sepele! Ini 5 Kesalahan Saat Menyikat Gigi yang Jarang Disadari

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 22 Feb 2022 16:30 WIB
Jangan Dianggap Sepele! Ini 5 Kesalahan Saat Menyikat Gigi yang Jarang Disadari
caption
Jakarta -

Menyikat atau menggosok gigi adalah kegiatan rutin yang kamu lakukan setiap harinya. Manfaat menyikat gigi adalah untuk membersihkan mulut dari kotoran dan sisa makanan sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Namun ketika suatu kegiatan sudah mendarah daging dan otomatis dilakukan, terkadang kamu bisa saja melakukan kesalahan tanpa menyadarinya. Sama halnya dengan perihal menyikat gigi. Bisa saja ada kebiasaan-kebiasaan tidak baik yang jarang disadari karena sudah menjadi bagian dari rutinitas.

Lantas, kesalahan apa saja yang sering terjadi ketika menyikat gigi dan jarang disadari? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Menyikat Gigi Terlalu Sebentar

Sikat gigiIlustrasi menggosok gigi/Foto: Pexels

Beauties, apakah kamu menyikat gigi dalam jangka waktu yang sebentar? Ternyata ini termasuk kesalahan dalam menyikat gigi yang masih sering dilakukan kebanyakan orang, lho!

Mungkin kamu menyikat gigi terlalu sebentar karena terburu-buru dan memiliki kesibukan. Namun, meluangkan waktu untuk menjaga kebersihan mulut sangatlah penting. Sebab, area mulut dapat menyimpan banyak kuman. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kamu menyikat gigi dengan benar.

"Seringkali, orang hanya menyikat gigi selama 30 detik, di mana itu terlalu singkat," ungkap Payal Bhalla, dokter gigi utama dan direktur klinis Quest Dental kepada Metro UK.

Lantas, berapa lama waktu yang disarankan untuk menyikat gigi? Bhalla mengungkapkan bahwa waktu ideal untuk menyikat gigi adalah minimal 2 menit. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa kamu menyikat gigi secara benar agar plak dan sisa makanan bisa hilang menyeluruh.

Tidak Membersihkan Lidah

Ketika menyikat gigi, kebanyakan orang hanya membersihkan bagian gigi. Padahal lidah juga menjadi bagian penting yang harus dibersihkan. Sebab lidah dapat menampung banyak bakteri dan kuman. Jika tidak dibersihkan dengan benar maka dapat menyebabkan bau mulut.

"Setelah menyikat gigi, sikat lidah untuk menghilangkan kotoran yang menempel di lidah. Bisa juga menggunakan obat kumur karena ini akan membantu membersihkan seluruh mulut dan lidah serta menghilangkan bakteri dan plak yang tertinggal," ungkap Bhalla.

Menyikat Gigi Terlalu Kuat

Yuk Rajin Sikat Gigi 3 Kali Sehari untuk Turunkan Risiko Serangan JantungIlustrasi menggosok gigi/ Foto: beautynesia

Banyak yang beranggapan bahwa menggosok gigi dengan kuat efektif untuk menghilangkan kotoran dan sisa makanan di mulut. Namun alih-alih menyikat gigi terlalu kuat, disarankan untuk fokus menyikat gigi ke semua area dalam mulut.

"Selain itu, menyikat gigi terlalu keras sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi. Selain itu juga dapat menyebabkan sensitivitas gigi atau masalah gusi karena menyikat gigi dengan keras dapat menyebabkan gusi menyusut atau berdarah," tutur Bhalla.

Jarang Mengganti Sikat Gigi

Kondisi sikat gigi juga harus diperhatikan karena jika sudah terlalu lama beresiko menimbun banyak bakteri.Ilustrasi sikat gigi/Foto: Freepik

Beauties, seberapa sering kamu mengganti sikat gigi? Menurut Bhalla, mengganti sikat gigi idealnya dilakukan setiap tiga bulan. Jika kamu menggunakan sikat gigi elektrik, maka kepala sikatnya juga harus diganti.

Setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu, tentu sikat gigi manual akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan gigi secara efektif. Salah satu tanda sikat gigi harus segera diganti adalah ketika bulunya melebar.

Menggosok Gigi dengan Pola yang Sama

Gosok GigiIlustrasi menggosok gigi/Foto: Freepik

Saat menggosok gigi, ada beberapa gerakan dan pola utama yang disarankan oleh dokter gigi. Hal ini bertujuan untuk memastikan setiap area gigi dapat dibersihkan secara menyeluruh.

"Jika Anda selalu menyikat gigi dengan pola yang sama setiap hari, misalnya mulai dari kiri atas dan berakhir di kanan bawah, maka ada kemungkinan besar ada area yang tidak dibersihkan," papar Bhalla.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengubah pola menyikat gigi dari yang biasa dilakukan. Cobalah untuk menyikat gigi secara menyeluruh dan bersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Ingat, menggosok gigi bukan asal bersih ya, Beauties! Pastikan bahwa seluruh bagian dapat dibersihkan dengan benar.

Itulah beberapa kesalahan saat menyikat gigi yang jarang disadari. Kesalahan mana yang paling sering kamu lakukan, nih, Beauties?

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id