sign up SIGN UP

Jangan Dibiarkan! Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat, Salah Satunya Sering Sembelit

Tim Redaksi CNN Indonesia | Kamis, 11 Nov 2021 17:45 WIB
Jangan Dibiarkan! Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat, Salah Satunya Sering Sembelit
caption
Jakarta -

Beauties, apakah akhir-akhir ini kamu sering sembelit alias sulit untuk buang air besar? Jika ya, bisa jadi ini tandanya bahwa tubuh kamu kekurangan serat. Selain dapat melancarkan pencernaan, serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa kegunaan serat bagi tubuh seperti menyehatkan bakteri usus, membantu menjaga berat badan, hingga menurunkan risiko diabetes dan juga kanker. Untuk mencukupi asupan serat, buah-buahan dan sayuran bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nggak cuma sembelit, ternyata beberapa hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh kamu kekurangan serat, lho! Yuk, cari tahu tanda ketika tubuh kekurangan serat di bawah ini!

Gampang Sakit

Akibat hustle cultureTanda tubuh kekurangan serat/Foto: Pexels.com/andreapiacquadio/ Foto: Meydiana Adinda


Apakah kamu termasuk tipe orang yang gampang sakit, Beauties? Mungkin ini saatnya untuk mengecek asupan serat yang kamu konsumsi setiap hari.

Serat berperan dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan bakteri usus. Seperti yang diketahui, usus merupakan rumah bagi jutaan bakteri. Ketika keseimbangan bakteri di usus terganggu, sistem imun melemah sehingga tubuh menjadi rentan terkena penyakit dan infeksi.


Cepat Lapar

Salah satu alasan utama mengapa kamu tidak merasa lapar saat bangun tidur adalah karena akamu makan malam atau camilan dalam jumlah besar pada malam sebelumnya.Cepat lapar bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan serat/Foto: Freepik/ Foto: Intan Dwi


Cepat merasa lapar walaupun baru saja makan bisa jadi pertanda bahwa tubuh kekurangan serat, Beauties. Pasalnya, jika kamu mengonsumsi cukup serat, rasa kenyang akan bertahan lebih lama sekitar 1 jam setelah makan. Hal ini karena serat dipecah secara perlahan dan bertahap.

Serat juga mudah mengembang saat menyerap air. Hal inilah yang membuat kamu dapat merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jika kamu merasa cepat lapar, bisa jadi karena makanan yang kamu konsumsi rendah serat, sehingga lebih cepat dicerna.


Kenaikan Berat Badan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh rooibos dapat membantu mengurangi berat badan.Tanda tubuh kekurangan serat/Foto: Freepik/ Foto: Nubira Maisty


Salah satu kunci untuk menurunkan berat badan dan memperoleh tubuh ideal adalah dengan berolahraga teratur. Namun, usaha tersebut akan sia-sia jika tidak didukung asupan makanan yang bergizi, salah satunya serat.

Menurut ahli diet, Kathleen Zelman, serat berkontribusi pada rasa kepuasan. Artinya, ada rasa nyaman yang timbul akibat rasa kenyang setelah makan, salah satunya dengan mengonsumsi serta.

Jika tidak ada kepuasan, kamu bisa makan lebih banyak daripada yang diperlukan tubuh, seperti dikutip dari WebMD. Kamu bisa mencoba penuhi kebutuhan serat sebanyak 23-35 gram per hari melalui makanan seperti biji-bijian dan sayuran.

Apakah tanda-tanda di atas pernah atau sedang kamu alami, Beauties? Eits, masih ada tanda-tanda tubuh kekurangan serat lainnya yang harus kamu ketahui! Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id