sign up SIGN UP

Jangan Sampai Salah Pesan! Ini Perbedaan Espresso, Cappucino, Latte, dan Moccacino

Liana Dewi | Beautynesia
Jumat, 19 Mar 2021 16:15 WIB
Jangan Sampai Salah Pesan! Ini Perbedaan Espresso, Cappucino, Latte, dan Moccacino
caption
Jakarta -

Halo, Beautynesian! Sudah ngopi belum hari ini?

Minum kopi sepertinya sudah jadi lifestyle masyarakat masa kini ya. Tak heran kalau kafe atau kedai kopi berderet di mana-mana. Kerja, bikin tugas, atau sekadar nongkrong, semuanya bisa kamu lakukan sambil ditemani secangkir kopi.

Karena tempat ngopi banyak dijadikan sebagai workspace, kini kafe dan kedai kopi berlomba-lomba memberikan berbagai fasilitas terbaik untuk mendukung kegiatan konsumennya. Semakin betah deh jadinya!

Maka dari itu, Beautynesian, kamu harus tahu berbagai jenis minuman kopi supaya saat memesan kamu tidak salah pilih. Meski cappuccino, latte, dan moccacino sama-sama berbahan dasar espresso, namun campuran yang digunakan berbeda-beda. Tentunya, cita rasa yang dihasilkan juga berbeda.

Di sini, Beautynesia akan menjelaskan beberapa jenis minuman kopi turunan espresso yang paling sering disajikan di kafe atau kedai kopi beserta perbedaan rasanya. So, keep scrolling!

Espresso

Espresso
Espresso/freepik.com

Kalau kamu suka kopi pahit dengan cita rasa kopi yang pekat, espresso adalah jawabannya. Espresso merupakan minuman kopi murni tanpa campuran lain seperti susu, krim atau gula.

Dalam bahasa Italia espresso berarti cepat. Espresso terbuat dari kopi yang sudah dihaluskan yang kemudian diseduh menggunakan mesin pembuat espresso. Proses membuat espresso hanya memakan waktu sekitar 25 detik saja.

Espresso disajikan dalam gelas kecil berukuran 30 ml sehingga bisa diminum dalam sekali teguk atau single shot. Proses penyajian dan cara menikmatinya yang cepat membuat minuman kopi ini disebut espresso.

Saat espresso disajikan, di atasnya terdapat busa kecokelatan yang disebut crema. Crema ini merupakan tanda bahwa minuman espresso tersebut memiliki kualitas yang baik.

Jika ingin kopi murni namun tidak sepekat espresso, kamu bisa memesan americano. Americano merupakan espresso yang ditambah dengan air panas. Karena airnya lebih banyak, tekstur americano jadi lebih encer dan rasanya tidak sekuat espresso. 

Cappuccino

Cappuccino
Cappuccino/freepik.com

Jika kamu sering menjelajahi berbagai kedai kopi, kamu pasti selalu menemukan minuman kopi satu ini di setiap daftar menunya. Cappuccino merupakan minuman turunan dari espresso. Racikan cappuccino adalah 1/3 espresso, 1/3 susu, dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa atau biasa disebut foam.

Karena memiliki banyak campuran, cita rasa kopi pada cappuccino tidak begitu kuat. Buat kamu yang tidak terlalu suka pahit namun ingin minum kopi untuk menjaga fokusmu dalam bekerja, kopi dengan rasa mild ini bisa jadi teman setiamu.

Saat cappuccino disajikan, biasanya ditaburi cokelat bubuk di atasnya. Lalu bagian yang menyenangkan dari menikmati cappuccino adalah sensasi foam-nya yang lembut dan manis ketika menyentuh mulut saat mulai meminumnya.

Latte

Latte
Latte/freepik.com

Banyak yang sulit membedakan antara latte dan cappuccino. Meski keduanya adalah campuran espresso dan susu, namun besaran perbandingan susu yang digunakan pada kedua minuman ini berbeda.

Rasa susu pada latte lebih terasa karena campuran susunya lebih banyak daripada espressonya, yaitu dengan perbandingan takaran 3:1. Ketika meminum latte, kamu merasakan sensasi rasa kopi yang ringan namun begitu milky.

Selain itu, pada saat memesan latte, barista biasanya menyajikannya dengan tampilan desain yang unik atau disebut dengan latte art. Latte art membuat pengalaman minum kopi jadi lebih menarik!

Moccacino

Moccacino
Moccacino/freepik.com

Sering banyak yang tertukar antara cappucino dan moccacino. Padahal dari segi komposisi dan rasa, kedua minuman berbeda. Keduanya merupakan minuman turunan dari espresso dan menggunakan campuran susu. Namun pada moccacino, ditambah dengan sirup cokelat atau bubuk cokelat untuk memberikan rasa tersendiri.

Moccacino diracik dari 1/4 espresso, 1/4 susu, 1/4 cokelat, dan 1/4 whipped cream. Kandungan cokelatnya jadi pembeda paling kentara yang membuat rasa moccacino beda dari minuman kopi yang lain. Jadi tak heran ya, kalau moccacino banyak digemari karena rasa minuman kopi ini yang creamy dan chocolaty.

Perbedaan Komposisi Kopi
Perbedaan Komposisi Kopi/freepik.com

Jadi bagaimana, Beautynesian, sudah tidak bingung lagi kan untuk menentukan kira-kira minuman kopi jenis apa sesuai dengan selera kamu? Semoga artikel ini bisa membantu ya supaya kamu tidak salah pesan lagi!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id