sign up SIGN UP

Jangan Tunggu Parah, Ini 5 Penyebab Mulut Pahit!

Izzul Millati Umami | Beautynesia
Minggu, 09 May 2021 19:00 WIB
Jangan Tunggu Parah, Ini 5 Penyebab Mulut Pahit!
caption

Mulut yang terasa pahit merupakan salah satu indikasi adanya penyakit yang berbahaya. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Kondisi mulut pahit ini jelas sangat mengganggu aktivitas harian Ladies, Tentunya, kondisi kesehatan mulut wajib banget dijaga supaya nggak terus-terusan pahit. Well, kebingungan gimana cara mengatasinya? Yuk coba 5 cara mengatasi mulut terasa pahit berikut ini. 

1. Menopause

menopause
menopause/sumber:pexels.com

Siapa sangka, mereka yang mengalami menopause akan sering merasakan kepahitan lidah. Ini karena hormon estrogen dalam tubuh yang sering menurun seiring dengan bertambahnya usia. Ini juga yang menyebabkan mulut kering sampai rasa pahit pun muncul. Untuk mengurangi rasa pahitnya, coba netralkan dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Selain itu, konsumsi daging yang lumayan banyak. 

2. GERD

Penyakit GERD juga merupakan salah satu alasan mulut yang semakin pahit. Saat otot lambung melemah, maka asam pun naik memenuhi kerongkongan. Ini juga yang menyebabkan perasaan panas dan nyeri perut di bagian atas naik hingga dada. Rasa pahit pun kemudian muncul di mulut. 

3. Stress

stress
stress/sumber:pexels.com

Memang benar bahwa kondisi psikis sangat mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Sebagai respons dari stress dan cemas, maka kesehatan pun juga akan menurun dan mempengaruhi indra perasa seseorang. Perasaan stress pun membuat mulut terasa pahit. 

4. Pertanda kehamilan

tanda hamil
tanda hamil/sumber:pexels.com

Mulut yang sangat pahit merupakan tanda awal dari kehamilan. Ini karena, adanya hormon dalam tubuh yang naik turun selama kehamilan terjadi. Perubahan ini pun bisa mempengaruhi Indera perasa dan lidah. Buat Ladies yang sedang mengalami pertanda hamil trimester awal, maka hal ini adalah wajar. Tidak diperlukan penanganan khusus untuk kasus ini. Kondisi mulut pahit akan membaik sendiri setelah melahirkan. 

5. Infeksi gigi

infeksi gigi
infeksi gigi/sumber:pexels.com

Siapa sangka, masalah mulut pahit bisa saja diakibatkan oleh kondisi gigi yang nggak sehat. Infeksi mulut, radang gusi pun bisa memberikan efek mulut pahit bila dibiarkan berlama-lama. Cara menanganinya adalah dengan menggunakan obat kumur yang bisa meminimalisir bakteri gigi penyebab mulut pahit. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id