sign up SIGN UP

Kamu Pecinta Teh? Yuk Kenali 5 Manfaat Rutin Minum Teh Chamomile untuk Kesehatan!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Rabu, 23 Jun 2021 08:30 WIB
Kamu Pecinta Teh? Yuk Kenali 5 Manfaat Rutin Minum Teh Chamomile untuk Kesehatan!
caption

Ladies, pernahkah kamu mencoba mengonsumsi teh chamomile? Jenis teh yang satu ini cukup populer dan memberikan berbagai manfaat buat kesehatan. Teh chamomile atau kamomil sendiri menjadi minuman herbal yang terdiri dari teh hijau ataupun teh hitam yang dicampur dengan bunga chamomile kering. 

Minuman herbal teh chamomile dipercaya sejak zaman dahulu sebagai anti-oksidan alami yang baik bagi kesehatan. Lantas apa sajakah manfaat chamomile tea yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya? Simak uraiannya lewat artikel berikut!

Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Manfaat teh chamomile untuk meningkatkan kualitas tidur.
Manfaat Chamomile Tea Bagi Kesehatan/sumber: www.freepik.com/

Dilansir dari Healthline teh chamomile cocok dikonsumsi bagi kamu yang memiliki problem insomnia. Manfaat teh chamomile bisa bantu kamu mengatasi insomnia, Ladies. Itu karena kandungan apigenin dan anti-oksidan dalam chamomile dapat merangsang rasa kantuk.

Sebuah penelitian mengungkap manfaat chamomile tea yang dikonsumsi sebelum tidur dapat membantu tertidur 15 menit lebih cepat. Seseorang yang mengonsumsi teh chamomile untuk tidur juga mengalami lebih sedikit waktu bangun di malam hari. Inilah yang membuat kualitas tidur kamu pun lebih meningkat.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat teh chamomile untuk menjaga kesehatan pencernaan.
Manfaat Chamomile Tea Bagi Kesehatan/sumber: www.freepik.com/

Tak hanya membantu tingkatkan kualitas tidur, dengan mengonsumsi minuman herbal teh chamomile kamu juga dapat menjaga kesehatan pencernaan, Ladies. Sifat anti-inflamasi dalam chamomile punya potensi yang baik untuk melindungi kamu dari masalah diare.

Selain itu, ada sebuah penelitian yang mengungkap kalau manfaat chamomile tea juga baik bagi kesehatan lambung. Rutin mengonsumsi teh chamomile, bisa membantu mengurangi keasaman di perut sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri yang memicu munculnya maag.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat teh chamomile untuk mengontrol gula darah.
Manfaat Chamomile Tea Bagi Kesehatan/sumber: www.freepik.com/

Manfaat minuman herbal yang satu ini ternyata juga memiliki sifat rendah kafein yang kaya akan kandungan anti-inflamasi, Ladies. Sifat inilah yang bisa membantu kamu mengontrol kadar gula di dalam darah. Cara kerjanya dengan menjaga kesehatan pankreas kamu.

Kesehatan pankreas penting dijaga karena organ tubuh ini yang membantu tubuh menghasilkan insulin. Hormon inilah yang bertanggung jawab atas kadar gula di dalam darah. 

Melindungi Kesehatan Jantung

Manfaat teh chamomile untuk menjaga kesehatan jantung.
Manfaat Chamomile Tea Bagi Kesehatan/sumber: www.freepik.com/

Next, ada manfaat chamomile  tea lain yang tak kalah bagus bagi kesehatan, Ladies. Kandungan bernama flavon yang serupa dengan anti-oksidan ada di dalam chamomile.

Flavon punya potensi yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan kolestrol di dalam tubuh. Terjaganya tekanan darah dan kolestrol dalam tubuh inilah yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Dapat Mencegah Kanker

Manfaat Teh Chamomile untuk cegah kanker.
Manfaat Chamomile Tea Bagi Kesehatan/sumber: www.freepik.com/

Last but not least, rutin mengonsumsi minuman herbal teh chamomile bisa membantu dalam pencegahan kanker. Kandungan apigenin dan juga anti-oksidan di dalamnya mampu melawan pertumbuhan sel kanker. Terutama pada area payudara, kulit, saluran pencernaan, dan juga prostat.

Meski begitu, kamu yang punya alergi terhadap serbuk bunga, sebaiknya hindari dulu. Hindari juga diberikan pada bayi dan usia anak-anak, sebab dikhawatirkan bisa mengakibatkan dampak kontaminasi spora botulisme (kondisi keracunan serius yang oleh racun dari bakteri Clostridium botulinum).


Our Sister Site

mommyasia.id