STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ketahui 7 Manfaat Olahraga Pagi yang Enggak Bikin Lemas

Intan Dwi | Beautynesia
Kamis, 11 Mar 2021 11:30 WIB
Ketahui 7 Manfaat Olahraga Pagi yang Enggak Bikin Lemas

Saat pagi hari datang pasti sebagian dari kalian akan merasa sulit untuk membuka mata dan memilih untuk tidur lagi. Padahal menyalakan alarm dan memulai hari dengan berolahraga memiliki keuntungan yang positif bagi tubuh. Memulai hari dengan berkeringat memiliki beberapa keuntungan daripada memilih kembali tidur dan bermimpi.

Berikut ini tujuh manfaat dari melakukan olahraga pagi yang mungkin bisa meyakinkan kamu untuk mulai berolahraga:

Lebih aktif sepanjang hari

Melakukan olahraga pagi akan menginspirasi kamu untuk terus bergerak sepanjang hari, sehingga kamu tidak merasa mudah lelah.
Lebih aktif sepanjang hari/freepik.com

Melakukan olahraga pagi akan menginspirasi kamu untuk terus bergerak sepanjang hari, sehingga kamu tidak merasa mudah lelah. Sebuah penelitian juga menemukan jika seseorang aktif berolahraga di pagi hari secara rutin cenderung tetap aktif sepanjang hari. Olahraga pagi hari juga dapat membantu kamu merasa lebih waspada saat memulai hari.

Meningkatkan energi

Olahraga teratur juga bisa menjaga tingkat energi seseorang tetap tinggi, jadi jamu harus siap berkeringat di pagi hari.
Meningkatkan energi/freepik.com

Tubuh yang rutin bergerak di pagi hari juga akan meningkatkan energi kamu sepanjang hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan tingkat aktivitas kamu sepanjang hari. Olahraga teratur juga bisa menjaga tingkat energi seseorang tetap tinggi, jadi jamu harus siap berkeringat di pagi hari.

Menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah penelitian, olahraga pagi akan membuat tekanan darah lebih stabil daripada olahraga di siang hari.
Menurunkan tekanan darah/freepik.com

Tekanan darah tinggi sangat beresiko bagi setiap orang karena mereka akan mengalami semua jenis komplikasi kesehatan di kemudian hari. Salah satu cara termudah untuk mengelola tekanan darah adalah dengan berolahraga. Menurut sebuah penelitian, olahraga pagi akan membuat tekanan darah lebih stabil daripada olahraga di siang hari.

Membantu tetap fokus

Sains menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu kamu berpikir jernih dan berkonsentrasi, itu semua berkat aliran darah ekstra ke otak.
Membantu tetap fokus/unsplash.com

Sains menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu kamu berpikir jernih dan berkonsentrasi, itu semua berkat aliran darah ekstra ke otak. Memiliki manfaat baik seperti ini, kenapa tidak melakukan olahraga pagi hari secara rutin. Kardio salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan, selain berpikir jernih ini juga akan meningkatkan memori dan fokus serta melindungi dari demensia.

Tidur malam jadi lebih nyenyak

berolahraga di pagi hari mengarah pada tidur yang lebih cepat, lebih dalam, lebih lama dan lebih berkualitas.
Tidur malam jadi lebih nyenyak/pexels.com

Olahraga sebelum tidur memang baik karena dapat meningkatkan suhu tubuh dan merangsang tubuh, tapi butuh waktu bagi tubuh untuk rileks setelah berolahraga. Sedangkan berolahraga di pagi hari mengarah pada tidur yang lebih cepat, lebih dalam, lebih lama dan lebih berkualitas. Karena itu, enggak ada salahnya beralih menjadi olahraga setiap pagi hari.

Mengurangi stres

Sains menunjukkan bahwa memompa jantung, melepaskan zat kimia yang membuat perasaan senang, menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati.
Mengurangi stres/freepik.com

Tidak ada yang dapat meredakan stres selain berkeringat, olahraga membuat endorfin itu mengalir. Sains menunjukkan bahwa memompa jantung, melepaskan zat kimia yang membuat perasaan senang, menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati. Dengan begitu olahraga membantu kamu merasa nyaman dengan diri sendiri.

Gula darah terkendali

Menurut sebuah studi pada tahun 2015, olahraga pagi menjadi cara teraman yang bisa dilakukan bagi penderita diabetes.
Gula darah terkendali/unsplash.com

Bagi orang yang menderita diabetes tipe 1, kamu pasti tahu mengelola gula darah merupakan masalah besar. Menurut sebuah studi pada tahun 2015, olahraga pagi menjadi cara teraman yang bisa dilakukan bagi penderita diabetes. Karena olahraga dapat mengacaukan kadar gula hingga mengatur gula darah, jadi enggak ada salahnya menjadwalkan olahraga pagi.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE