sign up SIGN UP

Keunggulan Rooibos Tea, Minuman Khas Afrika Dibandingkan Teh Herbal Lain

Dian Aprilia | Selasa, 16 Mar 2021 10:30 WIB
Keunggulan Rooibos Tea, Minuman Khas Afrika Dibandingkan Teh Herbal Lain
caption

Teh herbal adalah teh yang dibuat dari berbagai rempah-rempah, seperti bunga, buah, akar dan daun tanaman yang dikeringkan. Meski tidak terbuat dari daun teh sebagaimana teh biasanya, teh herbal digemari banyak orang dan juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Teh herbal terdiri dari berbagai jenis, seperti teh ginseng, teh jahe, teh adas, teh kamomil, teh rosella, teh rooibos, dan lainnya. Teh Rooibos berasal dari Afrika Selatan dari tanaman Aspalathus linearis yang memiliki bentuk daun seperti jarum. Meski daunnya berwarna hijau, teh rooibos memiliki warna merah karena mengalami proses fermentasi terlebih dahulu.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 keunggulan rooibos tea, minuman khas Afrika dibandingkan teh herbal lainnya:

Kaya Antioksidan

Ilustrasi teh
Ilustrasi teh/pexels.com

Manfaat teh rooibos yang pertama adalah kaya dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada teh biasa. Selain antioksidan, teh rooibos juga memiliki kandungan flavonoids yang tinggi sehingga ampuh untuk menangkal radikal bebas.

Jika tidak dicegah radikal bebas yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Untuk itu dengan mengonsumsi teh rooibos secara teratur, kamu bisa menjaga dirimu dari serangan penyakit.

Bebas Kafein

Ilustrasi teh
Ilustrasi teh/pexels.com

Keunggulan kedua adalah teh rooibos bebas kandungan kafein dimana berbeda dengan teh lainnya. Teh hijau memiliki kafein sebanyak 35-70 mg per gelas, sementara itu teh hitam memiliki kandungan kafein sebanyak 60-90 per gelas.

Karena bebas kafein, teh rooibos aman dikonsumi oleh ibu hamil, menyusui, anak-anak, atau para penderita alergi kafein. Meski tak memiliki kadar kafein, teh rooibos bisa memberikan energi yang tak kalah besarnya dengan kopi atau teh lainnya.

Rendah Tanin

Ilustrasi teh
Ilustrasi teh/pexels.com

Teh rooibos hanya memiliki sedikit zat tanin. Tanin merupakan senyawa yang mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh dan juga bisa memicu mual. Untuk itu orang yang mengonsumsi teh rooibos tidak mengalami gangguan penyerapan zat besi. Sementara itu, teh hitam termasuk jenis teh yang memiliki kandungan tanin yang tinggi.

Rasa Manis Alami

Ilustrasi teh
Ilustrasi teh/pexels.com

Keunggulan dari teh rooibos lainnya adalah mengandung rasa manis alami. Berbeda dengan teh lainnya yang cenderung memiliki rasa pahit. Jadi saat menyeduh teh rooibos, kamu tidak perlu menggunakan tambahan gula atau susu Apabila kamu ingin mendapatkan aroma manis, kamu hanya perlu menambah kayu manis di dalamnya. Selain itu, tidak menambahkan campuran pemanis juga bisa mengoptimalkan manfaat teh rooibos untuk tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi teh
Ilustrasi teh/pexels.com

Keunggulan yang terakhir adalah teh rooibos bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan sehingga efektif untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, teh rooibos juga bisa menghambat kinerja ACE (angiotensin-converting enzyme) yang meningkatkan tekanan darah.

Itulah 5 keunggulan rooibos tea dibandingkan dengan teh herbal lainnya. Selamat mencobanya, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id