sign up SIGN UP

Lagi Diet Tapi Mau Makan Roti? 7 Jenis Roti Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

Neysa Alicia | Beautynesia
Senin, 29 Mar 2021 18:30 WIB
Lagi Diet Tapi Mau Makan Roti? 7 Jenis Roti Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu
caption
Jakarta -

Hai, Beautynesian! roti merupakan salah satu jenis karbohidrat pengganti nasi. Di Indonesia sendiri, biasanya roti dikonsumsi sebagai menu sarapan dengan tambahan selai, meses, atau keju. Namun tidak jarang juga roti dijadikan sebagai menu camilan. Padahal, roti memiliki kalori yang cukup tinggi, sehingga bisa menaikan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Bisa gagal deh, diet kamu.

Eitss, jangan sedih dulu. Berikut ini, ada lima jenis roti yang aman dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet!

1. Roti Gandum

Roti Gandum / foto: freeimages.com
Roti Gandum / foto: freeimages.com

Roti pertama ini merupakan jenis roti diet paling umum yang diketahui oleh banyak orang. Roti gandum dibuat dengan bahan dasar gandum utuh, yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, rendah lemak jebuh, serta tinggi akan serat. Untuk kalori, roti gandum juga memiliki total kalori lebih rendah dibandingkan dengan roti tawar biasa. Selain itu, roti gandum juga mengandung vitamin B yang dapat membantu mencegah diabetes.

Sebagai sumber karbohidrat kompleks, roti gandum mengalami proses cerna yang lebih lambat sehingga perut kamu akan terasa kenyang lebih lama jika mengonsumsinya. 

2. Roti Flaxseed

Roti Flaxseed / foto: freeimages.com
Roti Flaxseed / foto: freeimages.com

Buat kamu yang belum tahu, flaxseed merupakan biji rami yang dikategorikan sebagai super food karena kaya akan gizi baik untuk tubuh. Flaxseed ini memiliki sifat rendah lemak, sumber serat, vegan, dan bebas gluten, sehingga tidak diragukan lagi tingkat kesehatannya. Roti Flaxseed ini juga tinggi akan asam lemak esensial yang dapat membantu tubuh menyerap kalori sehingga proses pembakaran kalori akan terjadi lebih cepat. Oh iya, meskipun terbuat dari biji-bijian, roti ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih. 

3. Roti Beras Merah

Roti Beras Merah / foto: freeimages.com
Roti Beras Merah / foto: freeimages.com

Siapa sangka ternyata beras juga bisa diolah menjadi roti? Contohnya adalah beras merah. Seperti yang kita tahu, banyak orang mengonsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi putih ketika sedang berdiet, karena jumlah kalori dan gulanya yang lebih rendah, serta membuat kenyang lebih lama. Roti beras merah ini juga bebas gluten dan baik dikonsumsi oleh kamu yang vegan!

4. Corn Tortilla / Roti Jagung

Corn Tortilla / foto: freeimages.com
Corn Tortilla / foto: freeimages.com

Roti berbentuk bundar pipih yang satu ini paling sering kita nikmati ketika makan kebab. Dikenal dengan nama tortilla, roti ini terbuat dari bahan dasar jagung yang bersifat bebas gluten sehingga baik dikonsumsi ketika diet. Bahkan sekarang sudah banyak menu diet seperti salad wrap yang menggunakan tortilla untuk membungkusnya. Perlu diingat, kamu tetap harus memperhatikan jenis makanan pendamping serta takaran saus yang akan kamu nikmati bersama tortilla ini, ya. 

5. Roti Ezekiel

Roti Ezekiel / foto: freeimages.com
Roti Ezekiel / foto: freeimages.com

Nama roti ini mungkin masih asing di telinga kamu. Meskipun memiliki bentuk dan rupa yang mirip dengan roti gandum, roti ezekiel ini terbuat dari barley, gandum, lentil, serta kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi, protein, dan asam amino. Roti ezekiel biasanya juga dibuat tanpa menggunakan tambahan gula sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id