sign up SIGN UP

Lakukan Bed Time Habits Ini Agar Tidurmu Berkualitas!

Fahira mahza | Selasa, 08 Dec 2020 22:30 WIB
Lakukan Bed Time Habits Ini Agar Tidurmu Berkualitas!
caption
Jakarta -

Tidur merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Selain itu tidur malam yang berkualitas dapat membuat pikiran tetap jernih dan meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas di keesokan harinya.

Istirahat yang baik dan cukup juga penting untuk kesehatan mental. Namun, banyak orang yang sulit tidur dengan nyaman karena beberapa faktor. Padahal hal tersebut dapat menurunkan kualitas tidur yang berdampak pada tubuh. Karena itu sebelum tidur lakukan hal-hal yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu.

1. Membersihkan diri dan menggunakan pakaian yang nyaman

ilustrasi membersihkan diri dan menggunakan pakaian yang nyaman
foto: freepik.com

Agar tidur terasa nyaman maka ada baiknya kamu membersihkan diri terlebih dahulu. Tubuh yang bersih akan membuat tidur lebih nyenyak. Mulailah dengan membersihkan wajah dengan facial wash yang gentle dan menyikat gigi kemudian gunakan pakaian senyaman mungkin sehingga tidurmu tidak akan terganggu.

2. Menulis diary atau jurnal

ilustrasi menulis diary atau jurnal
foto; freepik.com

Kebiasaan sebelum tidur yang bisa kamu coba adalah menulis diary atau jurnal. Tuangkan segala keluh kesah maupun berbagai hal yang sudah kamu lewati hari ini. Dengan menulis diary maka perasaanmu akan lega dan bebanmu akan sedikit berkurang. Hal ini tentunya akan membuat kamu jadi lebih tenang saat tidur.

3. Minum teh hangat

ilustrasi minum teh hangat
foto: freepik.com

Ketika kamu sudah beraktivitas sepanjang hari pasti tubuhmu terasa lelah dan ingin lekas tidur. Untuk meringankan lelahmu cobalah untuk mengkonsumsi segelas teh hangat sebelum tidur. Aroma teh yang harum dapat membuat tubuhmu lebih rileks. Kandungan antioksidan pada teh juga dapat mengurangi rasa lelah dan membuat kamu bangun lebih segar di pagi hari.

4. Olahraga ringan

ilustrasi olahraga ringan
foto: freepik.com

Sebelum tidur ada baiknya kamu melakukan peregangan tubuh setelah seharian beraktivitas. Lakukan gerakan kecil pada berbagai bagian tubuh seperti kepala, tangan, kaki dan pundak. Dengan melakukan peregangan sebelum tidur, tubuhmu akan terasa segar saat terbangun. Cukup lakukan peregangan selama 15 menit saja.

5. Meditasi

ilustrasi meditasi
foto: freepik.com

Melakukan meditasi sebelum tidur memiliki banyak manfaat terhadap tubuh dan pikiran. Lakukan meditasi yang dibarengi dengan teknik pernafasan dalam untuk menenangkan dan menjernihkan pikiranmu. Bangun suasana tenang untuk memperdalam relaksasi. Dijamin esok harinya kamu akan bersemangat kembali saat terbangun.

Beberapa bed time habits tersebut sangat baik dilakukan sebelum tidur karena akan meningkatkan kualitas tidur kamu dan membuat badan serta pikiran lebih segar di esok harinya. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id